Empat ekor gajah mati diracun

Sabtu, 02 Juni 2012 - 23:32 WIB
Empat ekor gajah mati diracun
Empat ekor gajah mati diracun
A A A
Sindonews.com - Warga pedalaman Aceh Timur menemukan empat bangkai gajah di dua desa terpisah. Diduga gajah tersebut dibunuh dengan racun yang dioleskan pada sabun cuci batangan jenis Cap Sampan. Sabun ditempelkan di batang sawit dan dimakan gajah.

Diduga kuat dua gajah diracun pihak pengelola PT Perkebunan Nusantara I, Tualang Sawit paket 8, Aceh Timur. R. Wiranata, Ketua LSM Fakta menyebutkan, pihaknya menemukan dua gajah di area perkebunan sawit milik PT tersebut.

“Kami sedang melakukan investigasi, ingin mencari tahu motif diracun apakah karena merusak tanaman atau perburuan gading,” jelasnya, Sabtu (2/6/2012).

Kemungkinan terjadi perburuan gading, disinyalir akibat hilangnya gading pada bangkai gajah. Padahal sehari sebelumnya, gading masih ada. Namun saat relawan Fakta kembali ke lokasi gading telah hilang.

Bangkai gajah mulai ditemukan sejak dua hari lalu, LSM fakta awalnya mendapat informasi dua gajah mati, kemarin pihaknya mendapat laporan warga menemukan seekor bangkai gajah di tempat terpisah, dan laporan berikutnya sore kemarin warga menemukan seekor gajah lagi telah menjadi bangkai.

Kedua gajah yang telah membusuk itu diperkirakan berusia empat tahun, dilihat dari panjang gading sekitar 10 sentimeter. Satunya lagi, sekitar tiga tahun sebab gadingnya belum begitu terlihat.

Sepekan terakhir gajah sering melintas perkebunan. Diperkirakan akan ada lagi temuan gajah mati. Saat ini diduga gajah-gajah dalam kondisi mabuk racun namun tidak diketahui lokasinya.

Wiranata, menyatakan pihaknya mendesak aparat terkait segera melakukan pengusutan dan menemukan pelaku. Apalagi kemarin, pihak dokter Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh telah melakukan otopsi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6954 seconds (0.1#10.140)