Rayakan kelulusan, siswa dilarang konvoi kendaraan

Jum'at, 25 Mei 2012 - 16:41 WIB
Rayakan kelulusan, siswa dilarang konvoi kendaraan
Rayakan kelulusan, siswa dilarang konvoi kendaraan
A A A
Sindonews.com - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Tana Toraja mengimbau siswa Sekolah Menengah atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tana Toraja dan Toraja Utara tidak melakukan konvoi kendaraan usai pengumuman kelulusan Ujian Nasional.

Pengumuman kelulusan tersebut rencananya akan diumumkan secara resmi, Sabtu 26 Mei 2012. Wakapolres Tana Toraja Kompol Novly F Pitoy mengatakan, pihaknya secara resmi sudah menyampaikan pelarangan tersebut kepada masing-masing pihak sekolah.

"Setelah pengumuman kelulusan, siswa dilarang melakukan konvoi kendaraan di jalan raya. Imbauan ini sudah kami sampaikan sebelumnya ke sekolah-sekolah," ujar Novly menjelaskan, Jumat (25/5/2012).

Selain berpotensi menimbulkan kemacetan lalu lintas, konvoi juga mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya serta mengancam keselamatan diri siswa itu sendiri.

"Polisi siap menindak tegas siswa yang tetap melakukan konvoi kendaraan usai pengumuman kelulusan. Tindakan tegas itu berupa tilang di tempat hingga penundaan pemberian Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)," paparnya.

Dia juga memastikan, personel polisi akan ditempatkan di setiap SMA/SMK menjelang pengumuman kelulusan. Jumlah personel polisi yang ditempatkan di setiap sekolah antara 2-3
orang. Sementara personil polisi lainnya akan ditempatkan di beberapa titik strategis.

Meski anggota polisi mendapat giliran libur tetapi mereka diwajibkan tetap masuk guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi usai pengumuman kelulusan.

"Polisi tidak akan menerbitkan SKCK dalam jangka waktu tertentu bagi siswa yang tertangkap melakukan konvoi kendaraan dalam merayakan kelulusannya. Sebaiknya kelulusan dirayakan secara sederhana dan tidak berlebihan," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Toraja Utara Yacob Pongsendana berharap tidak ada siswa yang melakukan konvoi kendaraan dalam merayakan kelulusan tahun ini. Meski begitu, dirinya masih enggan membocorkan persentase kelulusan SMA/SMK Toraja Utara tahun ini.

"Pengumuman kelulusan SMA/SMK baru akan diumumkan secara resmi di sekolah-sekolah hari Sabtu pukul 13.00 WIB. Sebelum diumumkan resmi, kami belum bisa membocorkan data kelulusan kepada siapapun juga," tandasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Tana Toraja, Daud Sampe Urang mengatakan pihaknya belum bisa membeberkan jumlah siswa yang lulus maupun yang tidak lulus UN tahun ini sebelum diumumkan secara resmi. Kelulusan siswa SMA/SMK akan serentak diumumkan di setiap sekolah pada Sabtu besok.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7194 seconds (0.1#10.140)