DPRD minta polisi atasi geng motor

Minggu, 06 Mei 2012 - 13:13 WIB
DPRD minta polisi atasi...
DPRD minta polisi atasi geng motor
A A A
Sindonews.com – Lambannya penanganan aksi geng motor di Kota Makassar membuat gerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel.

Karena itu,legislator meminta agar Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) bertindak tegas dalam mengatasi maraknya kasus kriminalitas yang melibatkan geng motor di Kota Daeng. Dikhawatirkan,aksi kawanan geng motor akan semakin brutal jika tidak diantisipasi sedini mungkin. Tidak hanya itu, anggota geng motor baru berpotensi bertambah sehingga menyulitkan penanganan nantinya.

“Polisi harus secepatnya mengatasi geng motor yang marah di Makassar karena sudah sangat mengganggu ketertiban warga.Apalagi,dalam aksinya sudah sering meminta korban nyawa,” kata Ketua Komisi A DPRD Sulsel Ajiep Padindang.

Menurutnya, penanganan geng motor hanya bisa dilakukan jika aparat bersikap tegas tanpa memandang bulu. Senada, Anggota Komis A DPRD Sulsel Andi Tenri Muntu juga meminta dalam pembinaan, polisi tidak tebang pilih. Maksudnya, kata Tenri, mengecualikan pembalap-pembalap liar yang mempunyai backing pejabat atau orang besar.

“Biasanya ditahan, tapi cepat dilepaskan lantaran ada yang backing.Keluar lalu membalap lagi,”tandasnya. Menanggapi hal tersebut, Kapolrestabes Makassar Kombes Erwin Triwanto menyatakan, pihaknya telah berupaya keras untuk meredam agar ulah geng motor tidak meluas. Termasuk,menyiapkan sirkuit balapan di Trans Studio Makassar.

“Sudah beragam upaya kita coba lakukan, termasuk menyediakan arena balap,” kata mantan Direktur Intelejen Polda Sulselbar itu. Namun hasilnya, kata Erwin, animo pembalap hanya pada bulan pertama, selanjutnya kembali terjadi balapan liar di jalan.

Makanya, personelnya pun telah dikerahkan untuk melakukan razia pembalap liar.Hanya saja, upaya tersebut kadang tidak maksimal karena mereka memiliki rute melarikan diri yang cukup menyulitkan polisi. “Kita terkadang main kucing- kucingan dengan pembalap liar. Kalau kita razia jalan ini, maka pindah ke jalan yang lain, tapi kita akan terus berusaha mengatasinya,” katanya. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1919 seconds (0.1#10.140)