Gunung Lokon meletus lagi

Selasa, 01 Mei 2012 - 12:29 WIB
Gunung Lokon meletus lagi
Gunung Lokon meletus lagi
A A A
Sindonews.com - Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara (Sulut) kembali meletus. Aktivitas gunung tersebut mengeluarkan asap hitam dengan ketinggian 2.500 meter.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif mengatakan, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), letusan Gunung Lokon kali ini yang terjadi sekira pukul 11.55 WITA lebih besar dari letusan sebelumnya yang terjadi Rabu 25 April 2012.

Sebelumnya telah terjadi peningkatan aktivitas yang ditandai dengan meningkatnya kegempaan vulkanik dangkal dan vulkanik, dua sampai tiga gempa dalam dua menit, antara gempa diikuti tremor vulkanik.

"Rekomendasi, agar tidak ada aktivitas dalam radius 2,5 kilometer dari kawah Tompaluan," ujar Syamsul dalam siaran persnya, Selasa (1/5/2012).

Syamsul mengatakan, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut untuk mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana dari letusan Gunung Lokon.

Selain itu, BPBD juga harus menyiapkan tempat-tempat pengungsian yang dapat digunakan jika sewaktu-waktu masyarakat harus mengungsi.

"Hingga saat ini rekomendasi dari PVMBG Badan Geologi, masyarakat belum perlu mengungsi. Lokasi pengungsian harus dipastikan jumlahnya, daya tampung dan ketersediaan permakanan, logistik dan peralatannya pada tempat yang aman," paparnya.

Untuk wilayah yang akan ditinggalkan masyarakat jika mengungsi perlu dijaga oleh satuan setempat yaitu TNI, Polisi dan tokoh-tokoh pemuda setempat yang memiliki mobilitas tinggi untuk menghindari pencurian.

Selain itu, Syamsul juga sudah menginstruksikan kepada Tim Reaksi Cepat BNPB yang dipimpin Deputi Penanganan Darurat untuk memberikan pendampingan dalam penanganan darurat Gunung Lokon. BNPB telah menyerahkan dana siap pakai Rp400 juta dan mobil komunikasi kepada BPBD Sulut.

BNPB telah menyiapkan logistik dan peralatan. Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana wilayah timur yang berpangkalan di Bandara Abdulrahman Saleh Malang beserta pesawat Hercules C-130 telah disiagakan.

"Unsur-unsur pusat di kementerian dan lembaga telah dikoordinasikan. Semua siap dimobilisasi jika diperlukan," paparnya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4363 seconds (0.1#10.140)