Meletus, Gunung Lokon masih berstatus Siaga

Selasa, 24 April 2012 - 16:59 WIB
Meletus, Gunung Lokon masih berstatus Siaga
Meletus, Gunung Lokon masih berstatus Siaga
A A A
Sindonews.com - Meski meletus pada pagi tadi, sekira pukul 10.20 WIB, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menggolongkan Gunung Lokon dalam status level tiga atau Siaga.

Dari hasil pantauan petugas dari pos pengamat gunung api di Desa Kakaskasen, Selasa (24/4/2012), menyebutkan, magnitude kegempaan yang tercatat di alat seismograf menunjukkan peningkatan tremor 0,5-5 milimeter gempa tektonik dalam 8 kali, tektonik dangkal sebanyak 139 kali, dan hembusan 19 kali.

Secara visual letusan Gunung api Lokon tidak terlihat, karena ditutupi awan serta debu vulkanik yang keluar dari kawah Tompaluan. Namun getaran dari kawah Tompaluan dirasakan warga yang bermukim dijarak 5 kilometer.

Dalam letusan kali ini, belum dilaporkan adanya korban jiwa dan materiil. Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara mengimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas di radius 2,5 kilometer dari kawah. Karena sangat berbahaya dan diduga akan ada letusan susulan.

Aktivitas gunung api setinggi 1.600 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 17 kilometer dari Kota Manado itu hingga kini masih berlangsung. Diperkirakan Gunung Lokon dalam situasi kritis yang berpotensi besar diikuti letusan.

Aktivitas Gunung Lokon mulai menunjukkan peningkatan sejak beberapa hari lalu, dan disebutkan dalam keadaan kritis. Keadaan itu terlihat setelah ada gerakan sismik 1 kali gempa tektonik jauh, 2 kali gempa tektonik lokal, 13 kali gempa Vulkanik dalam, dan sekira 50 kali gempa Vulkanik dangkal.

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9435 seconds (0.1#10.140)