Hasil survei: Zaini-Muzakir bakal unggul di Pilkada Aceh

Rabu, 04 April 2012 - 21:08 WIB
Hasil survei: Zaini-Muzakir bakal unggul di Pilkada Aceh
Hasil survei: Zaini-Muzakir bakal unggul di Pilkada Aceh
A A A
Sindonews.com - Occidental Research Institute (ORI), lembaga penelitian lokal di Aceh, mengumumkan hasil survei yang dilakukan di seluruh Aceh dengan 3.728 responden.
Pasangan calon Gubernur Aceh Zaini Abdullah-Muzakir mendapat dukungan 36% tokoh masyarakat desa. Sementara pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, mendapat dukungan 24% dukungan tokoh masyarakat desa.

"Survei ini bertujuan untuk melihat persepsi masyarakat terhadap calon gubernur," kata Direktur ORI Maimun Bin Lukman, Rabu (4/4/2012).

Hasil survei yang dilakukan 10 hari sejak 10 Maret 2012 lalu dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif ini juga manyimpulkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendukung pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf dengan presentasi 40%, sementara pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan mendapat dukungan 22%.

Menurut Maimun, survei dilaksanakan di 264 Kecamatan dalam 23 kabupaten/kota, namun tidak di seluruh desa. Sampel dipilih dua desa keterwakilan desa pedalaman dan kota. Rata-rata responden yang dipilih mencapai tujuh hingga delapan responden.

Responden dipilih berdasarkan 11 kriteria pekerjaan. Survei tidak hanya ingin mengetahui elektabilitas kandidat, tapi juga alasan memilih serta harapan masyarakat terhadap para kandidat.

Pasangan yang diusung Partai Aceh (PA) ini juga mendapat dukungan 56% responden dari kalangan nelayan, di urutan selanjutnya pasangan Irwandi Yusuf dengan 26% suara responden.

Menurut Maimun, paska kandidat dari Partai Aceh mendaftar terjadi perubahan signifikan asumsi-asumsi masyarakat dan lebih memilih pada pasangan ini.

"Pada survei lalu, Muhammad Nazar unggul, karena waktu itu Nazar belum mendaftar, hasil survei lalu menang tipis dari Irwandi," kata Maimun.

Hasil survei juga menyebutkan masyarakat Aceh berharap para kandidat meningkatkan sumber daya manusia. Mengutamakan layanan pendidikan dan kesehatan gratis.

"Masyarakat juga mengingkan birokrasi yang tidak berbelit, transparan dan akuntabilitas," kata Maimun.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7586 seconds (0.1#10.140)