Rp9 miliar untuk Pelabuhan Mattoanging

Minggu, 01 April 2012 - 13:40 WIB
Rp9 miliar untuk Pelabuhan Mattoanging
Rp9 miliar untuk Pelabuhan Mattoanging
A A A
Sindonews.com- Otoritas pelabuhan Makassar akan menyiapkan anggaransekitar Rp9 miliar untuk pengembangan Pelabuhan Mattoanging, KabupatenBantaeng.Dana sebesar itu akan digunakan untuk reklamasi pantai sebagai pembangunan terminal dan areal parkir serta fasilitas penunjang lainnya.
“Kami berharap, program pengembangan pelabuhan Mattoanging bisa sinkron dengan program pengembangan yang dilakukan pihak otoritas Pelabuhan Makassar,” jelas Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, Minggu (1/4/2012).

Karena itu, diharapkan sinergi antara Pemkab Bantaeng dengan pihak Otoritas Pelabuhan sangat diperlukan agar tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan dilapangan.

Selain itu, infrastruktur di sekitar pelabuhan tersebut juga harus bisa dibenahi dan seiring dengan program pengembangan jalan yang sedang digalakkan Pemkab Bantaeng.

“Bila kedua program tersebut dipadukan, diharapkan PelabuhanMattoanging segera dijadikan pelabuhan nusantara di bagian selatanSulsel,” papar alumnus Universitas Kyusu Jepang ini.

Pemkab memang menargetkan agar pelabuhan tersebut bisa membantu perekonomian di Bantaeng, melalui pengiriman hasil pertanian ke wilayah di luar Sulsel. Sebelumnya, Pemkab Bantaeng dan tim otoritas pelabuhan menggelar rapat koordinasi pengembangan Pelabuhan Mattoanging di ruang rapat Bupati Bantaeng, Jumat 30 Maret 2012 sore.

Tim dari Otoritas Pelabuhan Makassar yang juga Pejabat PembuatKomitmen (PPK) Imran Usman mengatakan, rencana pengembangan akan dilakukan pada areal seluas 2.200 Hektare.

“Hal itu dimaksudkan untuk menunjang kegiatan bongkar muat, terminal,areal parkir dan sejumlah fasilitas lainnya yang berhubungan dengankelancaran kegiatan kepelabuhanan,” jelas dia.

Dia menyambut baik harapan bupati yang ingin memadukan perencanaan dari pihak Otoritas Pelabuhan Makassar serta dari Pemkab Bantaeng. Sinergi program tersebut diharapkan menunjang rencana PemkabBantaeng yang akan membuat jalan tembus ke Kota Bantaeng sehinggasaling menunjang.

Hingga saat ini sudah dilakukan penimbunan pada sisi kanan pelabuhan. Pada kesempatan tersebut juga dibahas material yang digunakan untuk penimbunan serta pengambilan materialnya.

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7494 seconds (0.1#10.140)