Mahasiswa Surabaya mulai blokir jalan

Jum'at, 30 Maret 2012 - 13:08 WIB
Mahasiswa Surabaya mulai blokir jalan
Mahasiswa Surabaya mulai blokir jalan
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa di Surabaya mulia melakukan aksi blokir jalan saat unjuk rasa penolakan kenaikan harga Bahan Bakar minyak (BBM). Mahasiswa memblokir Jalan Gubernur Suryo, Surabaya dan menggelar salat hajat.

Puluhan Mahasiwa dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) menggelar aksi salat hajat berjamaah di depan Gedung Negera Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Pendemo ini tiba di depan gedung Grahadi sekira pukul 11.00 WIB. Dengan membentangkan sejumlah poster dan spanduk, mahasiswa berorasi dan meneriakkan yel-yel menghujat pemerintahan SBY-Boediono.

Selain itu, mahasiwa juga membawa kendaraan bak terbuka yang digunakan sebagai mimbar jalanan. Mobil tersebut, diparkir melintang sehingga arus lalu lintas di kawasan tersebut terpaksa dialihkan oleh petugas kepolisian.

Tak lama berselang sebanyak 13 mahasiswa mengambil saf untuk salat berjamaah. Sementara mahasiswa yang lain mengambil posisi melingkar. Muzzaynul Khuluk, Koordinator lapangan mengambil posisi sebagai imam salat.

"Ini adalah salat hajat. Agar wakil rakyat mendengar keluhan rakyat dengan dampak kenaikan BBM yang menyengsarakan rakyat kecil," kata mahasiswa yang akrab disapa Zayin usai Sholat, Jumat (30/3/2012).

Usai salat berjamaah ini mahasiwa menggelar teatrikal Pocong. Salah satu peserta aksi didandani dengan pocong yang kemudian diangkut ke tengah-tengah pendemo. Menurutnya, pocong ini adalah simbol matinya hati nurani pemerintah dan para wakil rakyat.

"Pemerintah dan wakil rakyat seperti mati hati nuraninya yang tidak memperhatikan rakyat," tukasnya.

Sementara pengamanan demo ini, ratusan polisi bersenjata lengkap disiagakan. Sedangkan Gedung Grahadi masih dipasang barikade kawat berduri.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8267 seconds (0.1#10.140)
pixels