Ribuan buruh turun ke jalan tolak kenaikan BBM

Senin, 26 Maret 2012 - 16:28 WIB
Ribuan buruh turun ke...
Ribuan buruh turun ke jalan tolak kenaikan BBM
A A A
Sindonews.com - Ribuan buruh dari Kawasan Industri Medan (KIM) di Mabar, Kecamatan Medan Deli dan dari Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, turun ke jalan menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Buruh dari Kawasan Industri Medan di Mabar, wikayah Kawasan Medan Utara ini, turun ke jalan dengan mengendarai sepeda motor dan langsung menuju ke Medan.

Para buruh ini melakukan aksinya turun kejalan, menuntut agar Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pudjo Nugroho, menanda tangani atau merekomendasikan pernyataan buruh, tentang penolakan harga BBM untuk disampaikan kepada Pemerintah RI.

Selain itu para buruh juga, menuntut kepada Gubernur Sumatera Utara, merevisi atau meninjau ulang Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Utara, tentang Upah Minimum Provinsi (UMP), Upah Minimun Kota/Kabupaten (UMK) dan SK upah sektoral tahun 2012.

Kemudian meminta agar Pertamina, secara transparan menerangkan secara terbuka, tentang dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang selama ini telah disalurkan dan diharapkan selanjutnya, menggulirkan CSR langsung kepada buruh, pekerja sebagai tanggung jawab sosial, dampak terhadap kenaikan BBM, sebagai upaya mencegah kemiskinan, akibat dampak kenaikan harga BBM.

Dalam aksi turun kejalan ribuan buruh dari wilayah kawasan Medan Utara itu menuju ke Kota Medan, dikawal dari petugas Polres Pelabuhan Belawan dan dari Personil Marinir, dengan menggunakan truck Marinir TNI AL.

Sementara di kawasan jalan menuju ke pelabuhan Belawan International Container Terminal (BICT), terlihat puluhan personil dari TNI AL berjaga-jaga di kawasan tersebut.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2208 seconds (0.1#10.140)