Ekosistem tak seimbang penyebab serangan Tomcat

Selasa, 20 Maret 2012 - 19:34 WIB
Ekosistem tak seimbang penyebab serangan Tomcat
Ekosistem tak seimbang penyebab serangan Tomcat
A A A
Sindonews.com - Serangan serangga Tomcat hingga ke pemukiman warga dikarenakan Predator Tomcat hilang atau Populasi serangga ini yang rusak.

Menurut Aktivis lingkungan Kota Surabaya, Wawan Some, awalnya penyebaran Tomcat ini diduga karena burung sebagai pemangsa utama Tomcat. "Bahkan ada yang menyebut perburuan Tokek akhir-akhir ini terjadi diduga menjadi maraknya serangan Tomcat ini," kata Wawan kepada Wartawan, Selasa (20/3/2012).

Kemudian dari sisi habitat, Saat ini marak terjadi pembukaan hutan Mangrove di sisi pantai Timur Surabaya. Bisa saja karena menipisnya lahan semak belukar yang berubah menjai lahan perumahan sehingga serangga ini mencari habitat baru.

Lebih jauh ia mengatakan, serangan Tomcat maupun Ulat Bulu membuktikan keseimbangan ekosistem yang menjadi penyebab utama. Dan yang pasti karena ulah manusia. "Semua mahluk di bumi ini memiliki fungsi penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem, ini yang harus dipahami oleh semua orang," ujarnya.

Dalam beberapa hari ini sejumkah warga di Kota Surabaya dicemaskan oleh serangan Serangga Tomcat. Serangga masuk kedalam kelompok sub-ordo rove beetle (kelompok kumbang kecil) ini mengeluarkan cairan beracun yang dapat merusak kulit. Akibat serangan itu sejumlah warga yang terkena serangan Tomcat mengaku kulit mereka melepuh, panas, gatal-gatal dan meninggalkan noda hitam. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2305 seconds (0.1#10.140)