Satpolair gagalkan penyelundupan penyu sisik

Selasa, 28 Februari 2012 - 16:29 WIB
Satpolair gagalkan penyelundupan penyu sisik
Satpolair gagalkan penyelundupan penyu sisik
A A A
Sindonews.com - Jajaran Satuan Kepolisian Air (Satpolair) Polres Pangkep mengamankan tujuh ekor penyu langka.

Penyu sisik yang bernama latin Eretmochelys imbricata ini ditemukan petugas setelah disembunyikan oleh Ilham (31) salah seorang warga Pulau Karanrang, Desa Matiro Bombang, Kecamatan Tupabiring Selatan, Kabupaten Pangkep.

Rencananya hewan langka itu akan dijual ke penadah dan kemungkinan diselundupkan ke Singapura. Harga jualnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kilogramnya.

Kasat Polair Polres Pangkep AKP Darwis Akib yang ditemui di ruangannya, Selasa (28/2/2012), mengungkapkan, penangkapan ini sendiri berawal dari patrol rutin yang digelar anggota Satpolair Polres Pangkep yang menemukan 7 ekor penyu sisik di rumah salah seorang warga.

Setelah dilakukan penelusuran hingga ke Pulau Karanrang, petugas akhirnya mendapati pelaku dengan tujuh ekor penyu sisik. Ironisnya, Ilham, yang menangkap penyu itu mengaku tak tahu kalau buruannya adalah satwa yang dilindungi dan dilarang ditangkap.
Penangkapan dan pengamanan pelaku beserta barang bukti berlangsung, Rabu dini hari, 22 Februari lalu.

"Kami mengamankan pelaku setelah dilakukan penelusuran. Tujuh penyu sisik ikut pula kami amankan, satu di antaranya sudah mati. Bangkai kami simpan untuk proses penyelidikan selanjutnya. Kami menduga, pelaku tidak bekerja sendiri, masih ada tersangka penyelundup lainnya yang saat ini kami kejar," terang Darwis.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)