Jembatan gantung Cigunung Herang memprihatinkan

Senin, 27 Februari 2012 - 08:30 WIB
Jembatan gantung Cigunung Herang memprihatinkan
Jembatan gantung Cigunung Herang memprihatinkan
A A A
Sindonews.com – Kondisi jembatan gantung Cigunung Herang, di Kampung Cigunung Herang, Desa Cigunung Herang,Kecamatan Cikalongkulon, Cianjur memprihatinkan dan mendesak harus segera diperbaiki.

Pasalnya,sudah banyak korban terjatuh ke dasar sungai akibat tidak layaknya konstruksi jembatan yang alasnya hanya berbahan kayu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sejak dibangun pada 1982, jembatan penghubung Kampung Bojongkole dengan Talaga itu merupakan akses utama masyarakat setempat. Ironisnya, tidak sedikit warga setempat yang terjatuh ke dasar sungai karena ketika dilalui jembatan bergoyang.

Malahan, warga banyak yang lebih memilih menerobos aliran sungai ketimbang menggunakan jembatan tersebut meskipun dengan risiko motor mogok.

Kepala Desa Cigunung Herang Umar Sumarta mengaku tidak sedikit warga yang menjadi korban akibat terjatuh dari jembatan ke dasar sungai. Selama 2012, sedikitnya tiga warga sudah menjadi korban.

“Memang tidak ada korban jiwa.Tapi, jumlah korban yang terjatuh sudah sangat banyak. Jika tak segera dibangun jembatan permanen, kami khawatir korban akan terus bertambah,” tutur Umar,kemarin.

Umar menuturkan, beberapa tahun lalu jembatan sempat roboh tersapu banjir bandang Sungai Cidadap.Namun, warga dengan dana swadaya bahu-membahu memperbaiki jembatan itu. “Tapi karena dana terbatas, ya, perbaikannya pun seadanya,”ujarnya.

Desa Cigunung Herang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor, kata Umar, memang terkesan ditelantarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam hal pembangunan.Tidak hanya infrastruktur jembatan, tapi juga jalan.

“Hampir 27 kilometer jalan desa belum tersentuh pengaspalan. Diaspal juga waktu zaman dulu, hingga kini belum pernah diaspal lagi. Kami mengharapkan pemerintah bisa memerhatikan pembangunan di desa kami,”harapnya.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur Cep Buldan mengaku akan mendorong pemerintah untuk segera merenovasi jembatan di Desa Cigunung Herang, sebab dikhawatirkan akan banyak korban yang terjatuh jika terus dibiarkan seperti itu. (wbs)

()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2034 seconds (0.1#10.140)