Padang diterjang banjir bandang

Kamis, 23 Februari 2012 - 11:27 WIB
Padang diterjang banjir bandang
Padang diterjang banjir bandang
A A A
Sindonews.com - Dua kecamatan di Kabupaten Pasaman, Padang, Sumantra Barat diterjang banjir bandang. Sekira 200 rumah rusak berat, jembatan dan Jalan Simpati Malampah yang merupakan jalan utama dikabarkan putus.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Namun, akibat bencana itu, ratusan warga yang rumahnya rusak terpaksa mengungsi.

Dua kecamatan yang diterjang banjir bandang itu kampung Maringgiang, Jor, Bungo Tanjuang, Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari dan kampung Simpang Tiga, Marambuang Nagari Simpang, Kecamatan Simpati.

Banjir bandang terjadi akibat hujan lebat sejak Rabu siang. Banjir setinggi 5 meter membawa kayu gelondongan dan material debris dari bukit Rimbo Malampah tiba-tiba datang dan menerjang pemukiman warga.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menginstruksikan agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat dan BPBD kabupaten/kota segera menangani bencana dan para pengungsi.

"BPBD Pasaman Nasir mengatakan, BPBD Pasaman Barat, BPBD Solok dan BPBD Agam telah memberikan bantuan untuk penanggulangan itu," jelas Sutopo melalui rilisnya kepada Sindonews, Kamis (23/2/2012).

BPBD Kabupaten Pasaman bersama Tagana, TNI, Polri, PMI, dinas-dinas terkait dan masyarakat telah berada di lokasi memberikan bantuan penanganan bencana. Hasil pendataan sementara, delapan rumah dan satu musala hanyut dan ada sekira 200 rumah rusak. 1 buah jembatan putus dan jalan Simpati Malampah juga putus.

Sedangkan para pengungsi saat ini masih berada di tempat pengunsian di Masjid, SMPN 1 Simpati dan SD 1 Simpati.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9046 seconds (0.1#10.140)