Dukung TNI AL tumpas perusak lingkungan

Jum'at, 10 Februari 2012 - 15:44 WIB
Dukung TNI AL tumpas perusak lingkungan
Dukung TNI AL tumpas perusak lingkungan
A A A
Sindonews.com - Sejumlah warga yang tergabung ke dalam Kelompok Pemuda Peduli Pantai dan Laut, Tapanuli Tengah (Tapteng) memberi apresiasi dan dukungan moral kepada TNI Angkatan Laut Sibolga dari atas laut dengan menggunakan kapal motor kecil atas penangkapan satu unit kapal pembom ikan KM Maju Bersama asal Sibolga pada, Selasa lalu.

“Kami memberikan dukungan moral dan apresiasi kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sibolga serta jajarannya karena sudah menindak pelaku pemboman ikan. Kami berharap, agar pemilik dan pengusahanya juga ikut ditindak tegas sebagai aktor intelektualnya,” kata orator aksi, Winsa Eko Syahputra dan Ilham Hutabarat dari atas kapal milik Dinas Kelautan Perikanan, Tapteng, bersama sejumlah kapal motor kecil lainnya di sekitaran Dermaga Markas Komando (Mako) Lanal Sibolga, Jumat (10/2/2012).

Winsa mengatakan, tindakan tegas yang dilakukan Lanal Sibolga merupakan penghargaan bagi Pahlawan Nasional Komodor Yos Sudarso. Oleh karena itu, diminta agar tim penyidik Lanal Sibolga tetap konsisten dan tegas menegakkan supremasi hukum sesuai Pasal 84 UU RI Nomor 31/2004 tentang Perikanan yang menjerat nahkoda, ABK, pemilik kapal dan pemilik perusahaan.

Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Riduwan Purnomo mengaku bangga atas dukungan dan apresiasi yang disampaikan kelompok pemuda dan nelayan Tapteng tersebut.

“Dukungan yang saudara–saudara berikan merupakan penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan operasi, khususnya dalam proses pengawasan dan pengamanan di laut. Namun saya pikir, dukungan masyarakat akan lebih baik jika ikut berpartisipasi memberikan informasi tentang kegiatan di laut yang sifatnya pelanggaran hukum. Itu yang kami butuhkan, jadi bukan sekadar memberi apresiasi,” kata Danlanal.

Danlanal mengatakan, hasil tangkapan tersebut menandakan bahwa, masih adanya kegiatan ilegal di laut. Karena itu, pihaknya akan memperbaharui strategi operasi agar lebih efektif dan lebih tepat sasaran. Sementara, proses pengembangan penyelidikan terhadap para pelaku yang ditangkap masih terus dilakukan.

“Kita bukan hanya mau mengembangkan siapa aktor intelektualnya saja, tapi lebih jauh lagi, bagaimana jaringan operasional mereka. Mudah-mudahan masyarakat bisa membantu memberikan informasi,” tandasnya.

Pantauan, setelah menyampaikan orasi, Kelompok Pemuda Peduli Pantai dan Laut Tapteng kemudian bergerak ke Markas Satpol Air Polres Sibolga Kota di Pondok Batu, Sarudik, Tapteng guna menyampaikan aspirasi serupa.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7245 seconds (0.1#10.140)