Kriteria desa tertinggal & tidak cuma irigasi

Senin, 06 Februari 2012 - 11:05 WIB
Kriteria desa tertinggal & tidak cuma irigasi
Kriteria desa tertinggal & tidak cuma irigasi
A A A
Sindonews.com - Sedikitnya 15 desa di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masuk kategori desa tertinggal dan satu desa di kawasan itu masuk dalam kategori sangat tertinggal.

"Desa yang sangat tertinggal adalah Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong," kata Bupati Bantul Sri Suryawidati, di Yogyakarta, Senin (6/2/2012).

Kategori atau kriteria desa tertinggal dan sangat tertinggal sangat tipis, sehingga masyarakat dan pemerintah desa setempat terkadang enggan untuk dikatakan desanya tertinggal.

"Seperti daerah yang tidak punya irigasi, sehingga masa tanam hanya mengandalkan air hujan, infrastruktur jalan yang kurang memadai salah satu indikator daerah tertinggal," terangnya.

Namun demikian, ada juga desa yang tidak masuk dalam kategori desa tertinggal, tetapi mengkategorikan diri sebagai daerah tertinggal. "Mereka mengajukan diri sebagai daerah tertinggal agar mendapatkan bantuan berbagai program pemerintah daerah," jelasnya.

Untuk mengentaskan desa tersebut, Pemkab Bantul membantu melalui program-program yang ada di masing-masing dinas dan instansi terkait. "Kita juga memcoba menarik investor, menawarkan program transmigrasi, program pemberdayaan keluarga sejahtera," pungkasnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6216 seconds (0.1#10.140)