KPUD sulit data pemilih cacat

Senin, 06 Februari 2012 - 08:43 WIB
KPUD sulit data pemilih...
KPUD sulit data pemilih cacat
A A A
Sindonews.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Sukabumi kesulitan mendata pemilih dari kalangan penyandang cacat untuk pem pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi serta Pemilihan Gubernur Jabar pada 2013.

Ketua KPUD Kota Sukabumi Anton Rachman mengakui, selama ini KPUD hanya mengakomodasi para penyandang cacat yang masuk dalam kelompok atau organisasi tertentu saja. Di luar itu,KPUD kesulitan melakukan pendataan. “Selama ini penyandang cacat yang terdata sebagai pemilih hanya yang masuk dalam kelompok saja.

Selebihnya kami kesulitan karena database dari dinas kependudukan dan catatan sipil tidak menerangkan secara spesifik,” kata Anton,kemarin. Namun dia menegaskan jumlah pemilih dari kalangan penyandang cacat tidak akan mengalami penambahan yang signifikan.Diperkirakannya kenaikan jumlah pemilih penyandang cacat hanya berkisar 2%. KPUD juga terkendala fasilitas yang akan digunakan bagi para penyandang cacat dalam menyalurkan hak politiknya, seperti desain surat suara dan alat bantu lain.

“Kami akan terus mencoba melakukan terobosan agar pemilih dari penyandang cacat lebih mudah dalam menyalurkan hak politiknya. Langkah ini tentunya akan diawali dari bentuk surat suara sehingga mereka bisa dengan mudah mengenali calon pemimpin yang akan dipilihnya.,” beber Anton.

Sementara itu Direktur Direktur Public Advocacy of Monitoring and Risset (Pucymoris) Bambang Rudiyanto mengatakan hal terpenting lain yang harus dilakukan KPu bagi para penyandang cacat adalah sosialisasi tata cara pemilihan hingga visi misi para calon. “Terkadang penyandang cacat ini tidak tersentuh dalam sosialisasi pemilu,”kata Bambang. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)