Pemerintah masih banci selesaikan masalah buruh

Sabtu, 28 Januari 2012 - 15:42 WIB
Pemerintah masih banci selesaikan masalah buruh
Pemerintah masih banci selesaikan masalah buruh
A A A
Sindonews.com – Pemerintah dianggap tidak serius menanggapi persoalan buruh di Indonesia. Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengatakan, kebijakan yang diambil pemerintah untuk menyikapi persoalan buruh masih banci.

Ini dibuktikan dengan permasalahan yang terus terjadi antara buruh dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) setiap tahunnya.

"Saya selalu bilang sama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), jangan menyelesaikan masalah setengah-setengah. Masalah buruh ini tidak akan pernah selesai kalau pemerintahnya banci," ujar Ribka usai menghadiri seminar HUT PDI Perjuangan di Islamic Center, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Sabtu (28/1/2012).

Ribka khawatir jika terus berkepanjangan, seluruh buruh di Indonesia akan terpancing dan melakukan aksi secara bersamaan. Sebab, permasalahan ini merupakan masalah rutin yang terjadi pada buruh.

"Gugatan Apindo selalu lolos di PTUN. Harus ada sikap yang lebih jelas untuk menyelesaikan masalah ini. Buruh saya rasa tidak akan berhenti," katanya.

Menanggapi aksi di Cikarang, Ribka mengakui terus berkoordinasi dengan Menakertrans untuk upaya solusi. Akan tetapi, dirinya berharap, harus ada hasil yang signifikan dari upaya tersebut untuk kesejahteraan buruh tanpa harus mengorbankan pengusaha.

"Dari awal aksi buruh di Cikarang, saya langsung bilang sama Menakertrans bagaimana upayanya, jangan sampai berlarut-larut," tambahnya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7344 seconds (0.1#10.140)