Mafia hutan ditahan, Gubernur Riau tak tersentuh

Rabu, 25 Januari 2012 - 17:47 WIB
Mafia hutan ditahan, Gubernur Riau tak tersentuh
Mafia hutan ditahan, Gubernur Riau tak tersentuh
A A A
Sindonews.com - Sejumlah pejabat di Riau telah terlilit masalah mafia hutan. Terakhir, mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husein telah ditahan oleh KPK.

Tapi mengapa sampai sekarang Gubenur Riau Rusli Zainal yang seharusnya paling bertanggung jawab tidak tersentuh. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau mengatakan penegak hukum diminta tegas dan tidak tebang pilih.

"Karena sampai sekarang Gubernur Riau masih sebagai saksi mafia hutan. Padahal, sudah jelas dia yang paling bertanggung jawab mengenai sejumlah rekomendasi untuk izin penebangan hutan bermasalah," kata Direktur Eksekutif Walhi Riau, Hariansyah Usman, Rabu (25/1/2011).

Selain Gubenur Riau, mantan Menteri Kehutanan MS Kaban saat ini juga tidak tersentuh.
"Keterlibatan MS Kaban sudah jelas, dialah yang mengeluarkan izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu-hutan tanaman (IUPHHK-HT). Aparat juga tidak menyentuhnya," tandasnya.

Untuk itu dia berharap, agar para pejabat yang telah terjerat diminta kooperatif mau menjelaskan keterlibatan Gubernur Riau Rusli Zainal dan MS Kaban.

"Karena selama ini kita lihat, mantan Bupati Siak yang sudah diadili terkesan bungkam terhadap keterlibatan mereka. Dan juga dua Kepala Dinas Kehutanan Riau Suhada Tasman dan Asral Rahman, juga terkesan diam. Seharusnya mereka kooferatif," ujar Hariansyah.

Soal penahanan mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husein, Walhi memberikan dukungan penuh kepada KPK. "Walau sebenarnya KPK sangat lamban menangani kasus Burhanuddin, karena dia sudah menjadi tersangka selama 4 tahun," ungkapnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7108 seconds (0.1#10.140)