Besok, paparan Esemka di Komisi VI DPR

Selasa, 24 Januari 2012 - 17:02 WIB
Besok, paparan Esemka di Komisi VI DPR
Besok, paparan Esemka di Komisi VI DPR
A A A
Sindonews.com - Dukungan terhadap pengembangan mobil Esemka kian diseriusi pejabat di tingkat pusat.

Besok, Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan pemaparan rencana bisnis mobil nasional Esemka di Komisi VI DPR. “Jam 10.00 WIB besok RDP di Komisi VI. Undangan tertuju kepada Wali kota Solo, tim Esemka dan Solo Technopark (STP),” ucap Jokowi di Solo, Selasa (24/1/2012).

Pada pemaparan di Komisi membidangi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut, Jokowi akan menekankan permintaan dukungan pemerintah pusat menuju produksi massal produk otomotif ini. Adapun dukungan pemerintah pusat utamanya di jalur perakitan, jalur penyelesaian, dan kontrol kualitas.

Dikatakan dia, pemerintah pusat perlu mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan di jalur tersebut sebagai ganti kehadiran investor luar yang juga berminat menguasai industri Esemka. “Kalau kebutuhan ini dapat disokong pemerintah, maka tinggal jalan saja. Kebutuhan yang mendesak di asembly line, finishing line, dan quality control line,” lanjutnya.

Upaya menggandeng stakeholder dari pemegang regulasi, kata Jokowi, harus secepatnya dilakukan. Mengingat pangsa pasar mobil buatan anak bangsa terbuka lebar dengan dibuktikan pesanan yang menganak sungai.

Kondisi inilah yang ingin disampaikan dalam RDP di DPR nanti. “Akan disampaikan yang menjadi kekurangan kita apa saja, kemudian kebutuhannya juga. Syukur-syukur diberi solusi melakukan percepatan produksi massal,” jelas Jokowi.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2551 seconds (0.1#10.140)