Irwandi Yusuf rekrut 16 ribu saksi pemilukada

Minggu, 15 Januari 2012 - 22:45 WIB
Irwandi Yusuf rekrut 16 ribu saksi pemilukada
Irwandi Yusuf rekrut 16 ribu saksi pemilukada
A A A
Sindonews.com - Calon kandidat Gubernur Aceh Irwandi Yusuf merekrut 16.980 orang saksi untuk ditugaskan mengawal proses pemungutan suara pada Pemilukada 16 Februari nanti.

Ketua tim sukses pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, Muharram Idris mengatakan, 16 ribu saksi itu akan disebar ke 23 kabupaten/kota di Aceh, setelah menjalani training mengawal proses pemungutan, perhitungan, serta rekapitulasi suara.

"Untuk kali pertama ini baru ditraining sebanyak 2.444 saksi dari Banda Aceh dan Aceh Besar, yang lain akan menyusul," katanya di sela pelatihan yang dipusatkan di Politeknik Venezuela, Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu (15/1/2012).

Menurutnya, pelatihan ini untuk memberi pemahaman dan ketrampilan pada saksi. "Materi yang diberikan adalah landasan hukum, prosedur, dan identifikasi pelanggaran dan kecurangan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara," ujar dia.

Irwandi juga yakin Pilkada Aceh akan tetap berlangsung tepat waktu meski ada gugatan terhadap Komisi Independen Pemilihan (KIP). "MK tidak mungkin dan tidak pernah membatalkan putusan yang sudah pernah dibuat," kata Irwandi yang juga Gubernur Aceh saat berpidato di depan para pendukungnya.

Dia mengingatkan para saksinya agar jangan takut dengan intimidasi dan ancaman dalam bertugas. "Bila ada ancaman, segeralah menghubungi nomor polisi, bila ancaman via SMS silakan forward ke polisi beserta nomor pengirim," sebutnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7726 seconds (0.1#10.140)