Parkir berlapis biang kemacetan

Kamis, 12 Januari 2012 - 09:31 WIB
Parkir berlapis biang kemacetan
Parkir berlapis biang kemacetan
A A A
Sindonews.com - Parkir mobil secara berlapis masih berlangsung di sejumlah ruas jalan di Kota Medan sehingga upaya mengatasi masalah kemacetan sulit dilakukan.

Menurut anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPRD Medan Ilhamsyah, kondisi perparkiran di kota ini belum mampu diatasi sesuai target yang ditetapkan pemerintah kota (pemko).
“Di beberapa ruas jalan,seperti Jalan Setia Budi dan kawasan ring road dan inti kota masih banyak parkir berlapis sehingga membuat badan jalan sempit,” katanya kemarin.

Kondisi tersebut disebabkan petugas Dinas Perhubungan (Dishub) belum memiliki langkah konkret mengatasi masalah yang terus menjadi keluhan masyarakat.Dia menilai pemko harus mengevaluasi kinerja pimpinan Dishub Medan.

“Kinerja pimpinan Dishub Medan masih minim. Masalah yang sejak dulu ada saja tidak bisa diatasi sampai sekarang, belum lagi persoalan lain ke depannya. Pemko harus mengambil langkah untuk mengevaluasi dinas tersebut,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) Herry Zulkarnain. Dikatakan dia, parkir berlapis dan masih adanya mobil penjemput murid yang parkir di pinggir jalan di depan sekolah sehingga menyebabkan kemacetan memang membuat masyarakat kesal.

Karena sekarang ini jalan yang sudah sempit jika ditambah lagi dengan kendaraan parkir tidak di lokasi semestinya semakin memperparah kondisi lalu lintas. “Perusahaan atau tempat makan, bahkan sekolah yang tidak menyediakan tempat parkir tidak bisa ditertibkan. Pemko seharusnya melihat kinerja dinas-dinasnya, termasuk dishub dan mengevaluasi jika tidak mampu,” tandasnya.

Dengan pertumbuhan kendaraan roda dua dan empat di kota ini seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, harus dilihat seksama oleh pemko untuk kemudian dicarikan jalan keluarnya.

“Pemko harus sigap melihat perubahan yang terjadi. Segera cari jalan keluar dengan menyediakan bus massal atau setidaknya mampu menambah ruas jalan atau memperlebar jalan yang ada sekarang ini,” ucapnya.

Anggota FPD lainnya, Dianto menambahkan, jika dilihat secara umum sebenarnya Wali Kota Medan Rahudman Harahap sudah memiliki visi dan misi bagus untuk mengembangkan kota ini dengan berbagai permasalahannya, hanya belum mampu diikuti dinas-dinas.

“Wali Kota harus mencari orang-orang yang bisa mengikutinya untuk mengembangkan kota ini lebih baik dan sigap,” pungkasnya.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5024 seconds (0.1#10.140)