Demo pencuri merica 0,5 ons berujung ricuh

Senin, 09 Januari 2012 - 17:04 WIB
Demo pencuri merica 0,5 ons berujung ricuh
Demo pencuri merica 0,5 ons berujung ricuh
A A A
Sindonews.com - Demo puluhan mahasiswa dan ormas menuntut keadilan, terkait penahanan seorang warga yang dituntut mencuri merica sebanyak 0,5 ons di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan diwarnai keributan.

Keributan terjadi saat mahasiswa dan ormas memaksa masuk ke Gedung Kejaksaan Negeri Sinjai namun dihalangi polisi, Senin (9/1/2012). Aksi ini dipicu oleh penahanan warga bernama Rawi (66), warga Dusun Sengkang, Desa Talle Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Saling dorong hingga adu jotos tak dapat terhindarkan antara mahasiswa dan aparat. Kericuhan ini berakhir setelah para demonstran diiznikan masuk dan berdialog dengan pihak kejaksaan.

Dihadapan jaksa, para demonstran meminta keadilan untuk Rawi yang sudah hampir dua bulan ditahan di rutan, hanya gara gara mencuri merica sebanyak 0,5 ons. Ironis, kasus ini sudah ada perdamaian dan tak ada keberatan dari korban bernama Abbase atas tindakan pelaku secara tertulis.

Tak hanya itu, kasus ini semakin ganjil lantaran surat pernyataan yang dibuat oleh korban bahwa korban tidak keberatan atas tindakan pelaku tidak dilampirkan dalam bab acara pemeriksaan yang sudah p21 ini.

Meski demikian, kejaksaan tetap melimpahkan kasus ini kepada pengadilan. Ridwan Umar, Kajari Sinjai mengatakan, pihaknya hanya menjalankan tugas berdasarkan hasil penyilidikan dari pihak kepolisian yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan.

Kini Rawi, sudah mendekam di Rutan sinjai. Para mahasiswa dan ormas meminta agar pelaku segera dibebaskan lantaran menilai tindakan pelaku yang hanya mencuri 0,5 ons merica tidak sebanding dengan tuntutan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8815 seconds (0.1#10.140)