PKPU bangun 50 desa binaan

Rabu, 04 Januari 2012 - 15:11 WIB
PKPU bangun 50 desa binaan
PKPU bangun 50 desa binaan
A A A
Sindonews.com - Lembaga kemanusiaan nasional PKPU membangun 50 desa binaan yang tersebar di seluruh Indonesia. Pembangunan desa binaan ini merupakan perwujudan dari program Indonesia Village Care (IVC) sebagai bentuk pencapaian target MDG’s di Indonesia.

Direktur Pendayagunaan PKPU Tomy Hendradjati mengatakan, pembangunan desa binaan ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui intervensi program pembangunan di komunitas dari multi aspek, dalam hal ini aspek pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

"Melalui keterpaduan intervensi program dan peran serta aktif komunitas, diharapkan masyarakat dapat memiliki pengetahuan, kemampuan dan sikap yang baru, sehingga mampu mewujudkan kemandirian dalam beragam sektor kehidupan," ujarnya dalam rilis yang diterima Sindonews, Rabu (4/1/2012).

Berdasarkan data Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) sampai akhir 2011, terdapat 183 kabupaten yang masuk dalam kategori tertinggal.

"Melihat realita tersebut, PKPU menargetkan untuk memberdayakan 50 komunitas dengan skala pembangunan desa. Ini merupakan satu tahap. Semoga ke depan, kita bisa terus berkontribusi memakmurkan desa dan komunitas di seantero negeri," tambahnya.

Program kemanusiaan PKPU, selama 2011, mencapai 1,6 juta orang. Tercatat tiga persen diantaranya mengalami peningkatan kualitas hidup (Quality of Life) dengan sejumlah indikator diantaranya berkurangnya angka gizi buruk, meningkatnya pendapatan anggota komunitas, meningkatnya akses sanitasi dan air bersih serta meningkatnya akses fasilitas pendidikan untuk keluarga miskin.

"Untuk tahun 2012, perhatian utama PKPU beralih dari sekedar pencapaian target angka penerima manfaat, menjadi peningkatan kualitas hidup para penerima manfaatnya," ungkapnya.

Dari seluruh target satu juta penerima manfaat pada 2012, PKPU akan fokus untuk meningkatkan kualitas kehidupan 12,5 persen dari komunitas yang dibina secara optimal agar mereka dapat mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan mampu menebar manfaat ke lingkungannya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5891 seconds (0.1#10.140)