Izin trayek PO Sumber Kencono harus dibekukan

Selasa, 03 Januari 2012 - 07:40 WIB
Izin trayek PO Sumber...
Izin trayek PO Sumber Kencono harus dibekukan
A A A
Sindonews.com – Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jawa Timur mendesak Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menjatuhkan sanksi tegas, bukan hanya sebagai terapi kejut, melainkan juga menghindari terulangnya tragedi yang sama.

Kepala Dishub LLAJ Jatim Wahid Wahyudi mengaku telah melaporkan tabrakan antara bus Sumber Kencono dan motor di Madiun yang menewaskan enam orang ke Kemenhub.

“Kami meminta supaya diberikan sanksi lebih berat,bahkan tidak sekadar pembekuan trayek pada bus yang mengalami kecelakaan,”kata Wahid di Surabaya, Senin, 2 Januari 2012.

Kementerian Perhubungan sebelumnya mencabut sementara izin trayek PO Bus Sumber Kencono menyusul serangkaian kecelakaan yang melibatkan bus antarkota antarprovinsi tersebut.

Sanksi dijatuhkan tak lama setelah terjadi tabrakan antara bus Sumber Kencono dan minibus di Jalan Raya By Pass KM 51, Desa Kenanten, Kecamatan Puri, Mojokerto, Senin 12 September 2011 pukul 02.58 WIB.

Setidaknya 20 orang tewas dalam peristiwa tersebut. Wahid melanjutkan,Gubernur Jatim Soekarwo juga telah memerintahkan agar tidak ada izin pengembangan usaha PO Sumber Kencono.

“Tidak ada izin untuk penambahan armada dan penambahan trayek baru dalam waktu tidak terbatas,” tandasnya.

Bus Sumber Kencono W 7727 UY yang dikemudikan Agus Widodo menabrak motor bernomor polisi AE 5601 FU yang dikendarai Adi Hasto Yuwono, 16, di Jalan Raya Madiun-Surabaya (KM 155-156) Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo,Kabupaten Madiun pada Minggu (1/1) pukul 00.15 dini hari.

Bus kemudian terguling dan menghantam sebuah warung,mengakibatkan enam orang tewas. Agus Widodo telah ditetapkan sebagai tersangka.Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun AKP Ganang Nugroho Widhi mengatakan, berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi, diperoleh keterangan yang menguatkan kelalaian Agus.

Sementara itu, seluruh korban kecelakaan maut bus Sumber Kencono berhasil teridentifikasi kemarin. Korban terakhir diketahui bernama Joko Prayitno, 34, asal Desa Padas, Kecamatan Taman,Kabupaten Sragen,Jawa Tengah.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8865 seconds (0.1#10.140)