Wali Kota Marten A. Taha, Minta Tim Gugus Tugas Kecamatan Dibentuk

loading...
Wali Kota Marten A. Taha, Minta Tim Gugus Tugas Kecamatan Dibentuk
Wali Kota Marten A. Taha, Minta Tim Gugus Tugas Kecamatan Dibentuk
GORONTALO - Penanganan pencegahan penyebaran Covid 19 di daerah, terus dimaksimalkan oleh Pemerintah Kota Gorontalo, sebagai Ibu Kota Provinsi Gorontalo. Salah satunya meminta seluruh kecamatan untuk membentuk Tim Gugus Tuga Covid 19, untuk melaksanakan protokol kesehatan di setiap wilayah.

Hal ini seperti di tegaskan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, ketika mengikuti rapat Video Conference di ruang kerjanya, Selasa (07/04/20) pagi tadi.

“Perlu saya tegaskan bahwa, penanganan pencegahan Covid 19 di Kota Gorontalo, terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Gorontalo secara masif. Saya meminta kepada seluruh Kecamatan untuk membentuk Tim Gugus Tugas Covid 19 Kecamatan, melalui penetapan oleh masing-masing Camat”

“Kemudian segera mungkin melaksanakan tugas protokol kesehatan, baik itu dilingkungan wilayah, hingga setiap rumah penduduk. Bahkan, melakukan pendataan terhadap masyarakat yang baru tiba dari luar Gorontalo,” tegas Wali Kota.



Dirinya sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan seluruh aparat kecamatan, yang berkolaborasi dengan petugas kesehatan serta aparat TNI dan Polri, untuk menyosialisasikan bahaya Covid 19, dengan menggunakan Bentor.

Serta mengimbau kepada masyarakat, untuk terus menjaga lingkungan, dan menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari, salah satunya menjaga jarak atau memakai masker.

“Saya mengapresiasi yang sudah dilakukan sebelumnya oleh aparat kecamatan, berkolaborasi dengan beberapa instansi terkait dalam menangani Covid 19. Namun akan terasa lengkap jika di setiap kecamatan memiliki Tim Gugus Tugas, untuk melakukan penyemprotan disinfektan di setiap tempat umum, fasilitas umum dan rumah rumah warga,” terang Wali Kota.



Dirinya juga meminta setiap Puskesmas yang tersebar di Kota Gorontalo, untuk menjadi garda terdepan pencegahan Covid 19. Artinya, selain menjalankan tugas sebagai mana mestinya, petugas medis di Puskesmas juga harus mendata orang-orang yang baru tiba dari daerah luar Gorontalo. Ini adalah upaya sedini mungkin, untuk mencegah penyebaran wabah Covid 19, apalagi sampai dengan saat ini Gorontao masih 0 pernsen Covid 19.

“Kalau bisa, Puskesmas di Kota Gorontalo berkerjasama dengan aparat Kelurahan, untuk menangani Covid 19 di setiap wilayah, dengan berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri serta kecamatan. Supaya, pencegahan di setiap wilayah terhadap Covid 19 ini, berjalan dengan baik,” jelas Wali Kota.

Dan berbicara soal ODP, penyebaran virus ini tentu melalui manusia, maka dari itu yang menjadi perhatian dalam pencegahan ini adalah manusia. Jika banyak manusia bergerak, maka dengan mudah penyebaran virusnya, demikian pula sebaliknya.

“Dari data yang kami terima dari Tim Gugus Tugas Covid 19 Kota Gorontalo, bahwa ODP sebanyak 993, orang sudah selesai ODP 337 orang, proses ODP 656 orang. Dan ini akan terus bertambah, sehingga saya harapkan pencegahannya terus diperketat,” tutup Wali Kota.
(atk)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top