Hari Ini, Pasar Kapasan Surabaya Ditutup karena Pedagang Positif Corona

Sabtu, 04 April 2020 - 08:36 WIB
Hari Ini, Pasar Kapasan Surabaya Ditutup karena Pedagang Positif Corona
Hari Ini, Pasar Kapasan Surabaya Ditutup karena Pedagang Positif Corona
A A A
SURABAYA - Perusahaaan Daerah (PD) Pasar Surya memutuskan menutup Pasar Kapasan Surabaya, setelah salah seorang pedagang dinyatakan positif terjangkit virus Corona (COVID-19). Keputusan tersebut diambil untuk memutus penyebaran COVID-19 di Pasar Kapasan.

Penutupan berdasarkan keputusan Direksi PD Pasar Surya melalui surat tertanggal 3 April 2020. Sedangkan tidak beroperasionalnya Pasar Kapasan dimulai hari ini, 4 April 2020.

Dalam surat nomor SU-758/01/ IV/2020 itu, Pasar Kapasan yang notabene pasar grosir pakaian terbesar di Indonesia Timur ini akan berhenti beroperasional hingga 14 hari ke depan.

“Setelah 14 hari akan dilihat perkembangannya seperti apa. Sesuai protokol memang 14 hari,” kata Direktur Teknik dan Usaha PD Pasar Surya, Muhibuddin, Sabtu (4/4/2020).

Ia melanjutkan, tidak dioperasionalkannya sementara Pasar Kapasan memang tak lepas dari adanya salah satu orang yang sehari-hari beraktivitas di Pasar Kapasan yang berstatus confirm COVID-19.

Sebagai langkah penanganan demi pencegahan penyebaran virus, PD Pasar Surya mengambil langkah tidak mengoperasionalkan Pasar Kapasan. “Kita harus segera mengambil langkah, segera kita lakukan penutupan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, ada kemungkinan pedagang keberatan dengan tidak dioperasionalkannya Pasar Kapasan. Tetapi ia memaparkan bahayanya virus Corona sehingga langkah penutupan diambil sebagai jalan terbaik.

“Kita berlomba dengan waktu. Memang mungkin pedagang akan keberatan, tapi ketika kita memberi pemahaman bahayanya virus ini, mereka saya kira bisa mengerti,” ungkapnya.

Direktur Pembinaan Pedagang Taufiqurahman menambahkan, meski Pasar Kapasan tidak beroperasional per 4 April 2020, tetapi khusus pedagang pasar setempat masih diperbolehkan datang ke pasar. Toleransi itu hanya diberikan pada hari pertama penutupan, yakni 4 April 2020.

“Pedagang dipersilakan mengemasi, mengamankan atau mengambil barang dagangannya. Itu supaya selama pasar tidak beroperasi, pedagang tetap bisa memasarkan barang dagangan, mungkin secara online,” katanya.

Barulah, lanjut Taufiqurahman, Pasar Kapasan tidak diperbolehkan ada aktivitas per 5 April 2020. Meski demikian, bagi pedagang yang tetap ingin mengambil barang dagangan tetap diperbolehkan, namun dengan akses yang terbatas.

Misalnya, manajemen PD Pasar Surya hanya akan membuka satu pintu untuk keluar-masuk pasar. “Itu pun dengan screening yang ketat,” tegasnya.

Di sisi lain, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona, Pasar Kapasan tadi malam disemprot disinfektan. Meski secara rutin telah dilakukan penyemprotan, karena ada yang berstatus confirm clCovid-19, penyemprotan dilakukan kembali.

Tim dari Pemkot Surabaya diturunkan. Selain di dalam pasar, di luar pasar pun disemprot oleh petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6544 seconds (0.1#10.140)