alexametrics

Ditetapkan sebagai ODP, Wagub Sumut Jalani Karantina Mandiri di Rumah

loading...
A+ A-
MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (COVID-19). Penetapan ODP itu dilakukan setelah Musa Rajekshah karena kedekatannya dengan salah seorang ajudannya yang dinyatakan positif terinfeksi COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, Musa Rajekshah hanya sebagai ODP. "Pak Wagub (Musa Rajekshah) cuma ODP," kata Aris Yudhariansyah, Minggu (29/3/2020). Dia menjelaskan bahwa Musa Rajekshah sudah melakukan pemeriksaan diri dan menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Kementerian Kesehatan, setelah salah seorang ajudannya ditetapkan positif COVID-19. (Baca juga: Kabar Baik, 3 Pasien Positif Corona di Kota Malang Sembuh)

Berdasarkan ketentuan Kemenkes, orang yang melakukan kontak dengan seseorang yang positif COVID-19 statusnya ditetapkan sebagai ODP. Musa Rajekshah juga sudah menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari meski kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat.



Aris menegaskan, semua orang yang pernah kontak erat dengan ajudan wagubsu tersebut otomatis menjadi ODP. Saat ini, ajudan itu sendiri sedang dirawat di Ruang Isolasi RSUP Haji Adam Malik, Medan. Saat disinggung apakah harus dites COVID-19 terhadap seseorang yang kontak langsung dengan status ODP, seperti yang kontak bersalaman dengan Wagub Sumut, Aris menyatakan tidak perlu. "Enggak lah seperti itu pemahamannya. Kita doakan saja agar semua kita baik- baik saja," ujarnya.

Sebelumnya, salah seorang ajudan wakil gubernur mengonfirmasi bahwa dirnya positif terinfeksi virus corona melalui unggahan di halaman Instagram (IG). “Aku terinfeksi COVID-19 dan sekarang sedang dirawat di RS. Nah, bagi kalian yang masih sehat-sehat, di rumah aja, jangan ke mana-mana dulu,” imbaunya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top