Posko Pemantauan Barito Utara Bantu Warga dalam Pencegahan Covid-19

Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:32 WIB
Posko Pemantauan Barito Utara Bantu Warga dalam Pencegahan Covid-19
Posko Pemantauan Barito Utara Bantu Warga dalam Pencegahan Covid-19
A A A
MUARA TEWEH - Hari kedua diadakannya pos pemantauan kesehatan yang diadakan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Utara yang berada di Kandui, Kecamatan Gunung Timang, tercatat sejak pukul 06.00 WIB sampai jam 20.30 WIB telah didata sebanyak 653 orang yang melintas ataupun memasuki wilayah Barito Utara.

Demikian disampaikan Godwin P, Kepala Koordinator Petugas Posko Pemantauan Kandui, Barito Utara, Jumat (27/3/2020).

Dia menuturkan bahwa sampai saat ini warga yang telah dicek paling tinggi bersuhu badan 36,9 derajat dan tidak ada keluhan yang mengarah ke COVID-19. "Kami sudah mengklasifikasi status kesehatan, namun hingga saat ini belum ada warga yang mengarah ke gejala Covid-19. Untuk warga Kandui khususnya yang memiliki gejala ringan akan kita himbau untuk karantina mandiri dirumah dan selalu dipantau dengan menghubungi melalui telepon, namun untuk diluar wilayah Kandui data dan nomor kontak yang bersangkutan akan dilaporkan kepada Gugus Tugas Barito Utara," jelasnya.

Ia juga menjelaskan warga diluar Kandui yang melintas ataupun menuju Muara Teweh dan sekitarnya yang mengalami gejala ringan maupun berat pihaknya akan segera melakukan penanganan sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 serta berkoordinasi dengan Gugus Tugas Barito Utara untuk tindakan lebih lanjut.

"Bagi pasien yang masih berstatus dengan gejala ringan akan kami anjurkan untuk karantina mandiri dan akan dilaporkan datanya kepada Gugus Tugas Covid-19 Barito Utara untuk pemantauan. Namun apabila gejalanya berat akan kami rujukan ke Rumah Sakit Muara Teweh dengan menggunakan ambulance," Sejauh ini menurutnya warga merasa terbantu dengan adanya posko pemantauan kesehatan ini guna mendeteksi dini gejala covid-19, "Dikarenakan pemeriksaannya pun gratis, maka wargapun banyak dengan sukarela memeriksakan gejala virus corona ini," ujar Godwin.

Sebelumnya Wakil Ketua I DPRD Barito Utara Permana dan anggota DPRD Wardatun Nur Jamilah meninjau Posko yang berada di Puskesmas Kandui. Permana berharap dengan adanya posko ini dapat memperketat pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Barito Utara.

Dalam kesempatan ini pihaknya juga memberikan bantuan kepada petugas jaga posko berupa makanan dan minuman serta masker agar para petugas dapat selalu fokus dalam menjaga dan mendata para warga yang memasuki area Barito Utara.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6725 seconds (0.1#10.140)