Cegah COVID 19, Warga yang Masuk Wilayah Kendal Diperiksa Suhu Tubuhnya

Kamis, 26 Maret 2020 - 16:01 WIB
Cegah COVID 19, Warga yang Masuk Wilayah Kendal Diperiksa Suhu Tubuhnya
Cegah COVID 19, Warga yang Masuk Wilayah Kendal Diperiksa Suhu Tubuhnya
A A A
KENDAL - Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah melakukan pengecekan suhu tubuh bagi warga dari luar Kendal yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kendal, Kamis siang (26/3/2020). Hal ini dilakukan agar warga masyarakat Kendal terhindar dari penularan virus yang saat ini meresahkan. (Baca: Ancaman Hukuman untuk Warga Kepri yang Masih Suka Kumpul-kumpul)

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID 19 Wilayah Kendal Winarno saat memantau kegiatan screening di Desa Campurejo, Kecamatan Boja menjelaskan, tujuan dari screening ini agar bisa memangkas penyebaran virus corona dari wilayah lain.

“Semua yang melintas dicek suhunya apabila melebihi 37 derajat maka oleh petugas kesehatan diberikan pengarahan dan diminta untuk berputar arah kembali ke rumah mereka,” kata dia.

Menurut dia, ada empat wilayah perbatasan yang dilakukan pengecekan yakni di Desa Campurejo Kecamatan Boja yang perbatasan Kendal dengan Kota Semarang, Desa Gondang Kecamatan Limbangan yang perbatasan Kendal dengan Kabupaten Semarang.

“Lokasi lain yang dilakukan pengecekan di Desa Kertomulyo Kecamatan Plantungan perbatasan Kendal-Batang serta Desa Pagersari Kecamatan Patean yang merupakan perbatasan Kendal-Temanggung,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pendataan dan akan didampingi jika mereka warga Kendal dan akan berkoordinasi kepada dinas kesehatan dimana warga tersebut tinggal jika yang bersangkutan bukan warga Kabupaten Kendal.

sementara itu Noviana yang diperiksa suhu tubuhnya mengaku diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di puskesmas terdekat. Selain itu ia diminta mengakarantina diri untuk mencegah penularan virus COVID 19.

Camat Boja Widodo mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Kendal yang melakukan pemeriksaan. Pasalnya wilayahnya berada di wilayah persimpangan dengan kota serta Kabupaten Semarang.

"Dimana banyak obyek wisata yang menjadi tujuan warga dari berbagai kota. Dalam sehari setidaknya 500 lebih orang melintas di wilayah Boja sehingga screening ini sangat membantu untuk pencegahan penyebaran virus COVID 19," timpalnya.

Dalam pemeriksaan ini masih banyak suhu badan yang di bawah 37 derajat sehingga masih relatif aman.

“Namun demikian ada beberapa yang 37,5 hingga 38 derajat dan diberi pejelasan serta disuruh pulang. Disarankan warga untuk selalu minum air putih hangat setiap 20 menit sekali agar tubuh tidak kemasukan virus,” tandas dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)