KM Wia-Wia Patah Kemudi, 26 Penumpang Terombang-ambing di Pulau Hari

Selasa, 17 Maret 2020 - 02:56 WIB
KM Wia-Wia Patah Kemudi, 26 Penumpang Terombang-ambing di Pulau Hari
KM Wia-Wia Patah Kemudi, 26 Penumpang Terombang-ambing di Pulau Hari
A A A
KONAWE - Kapal penumpang KM Wia-Wia GT 3 mengalami patah kemudi setelah dihantam gelombang di perairan Pulau Hari, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (16/3/2020). Kapal yang membawa 26 penumpang itu sempat terombang-ambing selama dua jam di tengah laut.

Tim Rescue Basarnas Kendari berhasil mengevakuasi para penumpang KM Wia-Wia dalam keadaan selamat. Para penumpang dipindahkan ke KM SAR Pacitan dan selanjutnya diturunkan di dermaga SAR.

Kepala Kantor SAR Kendari Aris Sofingi mengatakan, pihaknya menerima informasi mengenai kecelakan kapal dari salah seorang penumpang KM Wia-Wia, pukul 10.00 Wita. Kapal mengalami patah kemudi akibat dihantam gelombang dalam perjalanan dari Pulau Laonti ke Kendari.

"KM Wia-Wia mengalami patah as di sekitar perairan Pulau Hari yang berjarak sekitar 14 NM dari Dermaga Basarnas Kendari," kata Aris Sofingi.

Setelah menerima laporan itu, tim SAR segera menuju lokasi kejadian dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) dan KN SAR Pacitan. Setelah melakukan pencarian, tim SAR akhirnya menemukan kapal yang terombang-ambing di tengah laut dan langsung mengevakuasi seluruh penumpang berjumlah 26 orang.

Ke-23 penumpang dan tiga anak buah kapal (ABK) tersebut kemudian dievakuasi menggunakan RIB Basarnas Kendari. Mereka kemudian dipindahkan ke Kapal KN Pacitan.

"Seluruh penumpang kapal tersebut dievakuasi menuju dermaga utama Basarnas Kendari dalam keadaan selamat," katanya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7354 seconds (0.1#10.140)