3 Perwira Tentara OPM Tewas dalam Baku Tembak Ini Kronologinya

Senin, 16 Maret 2020 - 18:05 WIB
3 Perwira Tentara OPM Tewas dalam Baku Tembak Ini Kronologinya
3 Perwira Tentara OPM Tewas dalam Baku Tembak Ini Kronologinya
A A A
JAYAPURA - Empat anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) tewas dalam kontak tembak di Kali Bua, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Keempat anggota OPM yang tewas tertembak terdiri dari tiga perwira dan satu bintara ini antara lain; Mayor Pentiun Mudah Waker (45), Sersan Mayor Moni Waker (30), Mayor Lani Magay (30) dan Letnan Lera Magay (28) yang seorang wanita. (Baca: OPM Sebut 3 Perwira dan 1 Bintaranya Tewas dalam Baku Tembak dengan TNI/Polri)

Dimana sebelumnya terjadi kontak tembak antara tentara OPM dengan TNI Polri yang terjadi selama dua hari, yakni mulai Sabtu (14/3/2020) hingga Minggu (15/3/2020).

Kepastian tewasnya empat tentara OPM ini disampaikan Komandan Operasi Umum TPNPB se Tanah Papua, Mayor Jenderal Lekagak Telenggen dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Senin (16/3/2020).

Komandan Operasi Umum TPNPB se Tanah Papua, Mayor Jenderal Lekagak Telenggen dalam pernyataan tertulisnya juga menyebutkan kronologis tertembaknya para anggota OPM tersebut. Kejadiannya terjadi pada Minggu, 15 Maret 2020 lalu sekitar jam 01.20 waktu Papua.
Pasukan TPNPB OPM yang berada di Pos KALLI BUA diserang pasukan TNI-Polri yang saat itu tengah melewati Sungai Kali Kabur melalui pipa. Dalam kontak tembak selama 10 menit tersebut ada sejumlah pasukan TPNPB yang tewas diberondong pasukan TNI.

"Tewasnya anggota OPM ini dilaporkan Panglima Kodap Sinak Brigjen Militer Murib," kata Mayor Jenderal Lekagak Telenggen dalam pernyataan tertulisnya.

Korban yang meninggal dunia menurut Mayor Jenderal Lekagak Telenggen antara lain Mayor Pentiun Mudah Waker (45), Sersan Mayor Moni Waker (30), Mayor Lani Magay (30) dan Letnan Lera Magay (28) yang merupakan seorang wanita.

Usai baku tembak tersebut pihak OPM juga mengaku kehilangan tiga pucuk senapan serbu yaitu 1 Senjata AK 47, 1 Senjata M 16 dan 1 Senjata AK lipat Modern. "Semuanya diambil kembali oleh Pasukan TNI-Polri dari tangan Pasukan TPNPB," timpal Mayor Jenderal Lekagak Telenggen.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4026 seconds (0.1#10.140)