alexametrics

Batik Kagano Khas Bengkulu Utara Bakal ke Timur Tengah

loading...
Batik Kagano Khas Bengkulu Utara Bakal ke Timur Tengah
Batik Kagano Khas Bengkulu Utara Bakal ke Timur Tengah
A+ A-
BENGKULU - Batik Kagano khas Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu bakal menghiasi sejumlah tempat di Timur Tengah. Kain bergambar yang dibuat secara khusus ini akan dibawa ratusan jamaah Haji ke Tanah Suci Juli mendatang.

Langkah ini diambil pemerintah daerah setempat guna memperkenalkan salah satu icon produk unggulan usaha mikro yang telah launching akhir Tahun lalu.



Selain sarung, 202 jemaah Haji Bengkulu Utara, yang terdiri dari 97 perempuan dan 105 laki-laki bakal mendapatkan batik Kagano gratis dari Pemerintah Daerah untuk dikenakan saat di Tanah Suci.

"Akan dibawa oleh jemaah haji dari Bengkulu Utara. Ya, mereka akan menggenakan batik Kagano. Sebagai salah satu bentuk promosi kita," kata Sekertaris Dinas Pariwisata, Karwiyanto diruang kerjanya, Kamis (12/3/2020).

Batik Kagano melambangkan kebesaran budaya Kabupaten Bengkulu Utara. Corak tulisan Kaganga mengangkat aksara suku Rejang berpadu kearifan lokal budaya Pulau Enggano.

Selain bahasa aksara suku Rejang, batik Kagano yang berarti Kamata Enggano memiliki motif peleci, salah satu burung endemik Pulau Enggano, serta motif ular. Simbol icon Tugu Amanah Kota Arga Makmur dan motif batu permata "red rafflesia", turut menghiasi batik sebagai wujud kebesaran budaya Bengkulu Utara.



"Kami sudah mulai memakai Batik ini sejak dilaunching akhir Tahun lalu. Kalau motif yang ini khusus untuk Kepala Dinas, cuma saya salah beli kemarin," canda Karwiyanto.
(cip)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak