Raja Belanda dan Sultan HB X Diskusi Selama 2,5 Jam di Keraton Yogyakarta

Rabu, 11 Maret 2020 - 18:02 WIB
Raja Belanda dan Sultan HB X Diskusi Selama 2,5 Jam di Keraton Yogyakarta
Raja Belanda dan Sultan HB X Diskusi Selama 2,5 Jam di Keraton Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Raja Belanda Willem Alexander bersama Istri Ratu Maxima menikmati kunjungannya ke Keraton Yogyakarta. Selama sekitar 2,5 jam, kedua raja ini melakukan diskusi kecil sambil menikmati tarian dan santap makan siang.

Kehadiran Raja Willem merupakan kehadiran kedua kalinya. Sewaktu masih menjadi pangeran, Raja Willem pernah datang ke Keraton Yogyakarta. "Pembicaraan ya hanya kenangan. Beliau dulu pernah ikut ibunya Ratu Beattrix namun sekarang kan sudah berbeda, beliau sudah raja," ungkap Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X usai mengantar kepulangan Raja Willem Alexander di Regol Donopratopo, Rabu (11/3/2020). (Baca juga: Raja Belanda Kembalikan Keris Diponegoro dan Meminta Maaf)

Ketika disinggung pembicaraan mengenai masalah ekonomi, Sultan mengaku menyerahkan kepada putri sulungnya GKR Mangkubumi. "Dia (GKR Mangkubumi) tadi yang berbicara mengenai hal tersebut," sebutnya.

Ketika disinggung mengenai pengembalian keris Kyai Naga Siluman, Sultan mengatakan hal tersebut sangat baik. Hanya saja dia berharap yang lainnya juga bisa dikembalikan. "Masih ada naskah-naskah lama yang semestinya juga bisa kembali ke Indonesia," lanjutnya.

Dalam menerima kunjungan tersebut, Sri Sultan HB X menerima tamunya cukup istimewa. Jika menerima tamu tamu lain mengenakan jas atau batik, namun kali ini mengenakan pakaian baju takwa dengan Suluk Kanigoro. Sebuah pakaian yang hanya digunakan untuk hal-hal tertentu saja.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5510 seconds (0.1#10.140)