Instagram Ambo 2017 Kobar Diretas Haker, Para Korban di DM Minta Transfer Dana

Selasa, 10 Maret 2020 - 08:49 WIB
Instagram Ambo 2017 Kobar Diretas Haker, Para Korban di DM Minta Transfer Dana
Instagram Ambo 2017 Kobar Diretas Haker, Para Korban di DM Minta Transfer Dana
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Akun Instagram (IG) milik runner up (juara dua) ajang Putra dan Putri Pariwisata Kotawaringin Barat (Kobar) 2017 atau yang dikenal sebagai Pemilihan Aba dan Ambo Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng diretas haker. Setelah akun dikuasai peretas, kemudian pelaku mengirimkan direct message (DM) atau pesan langsung ke sejumlah teman di IG untuk dimintai uang.

Korban adalah Dara Kurniawati (19), gadis manis jebolan Aba dan Ambo Kobar 2017 warga Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Pangkalan Bun.

"Jadi awalnya pada Senin kemarin sekira pukul 18.15 WIB, saya menerima DM dari teman saya mengirimkan link yang bertuliskan-Wajah kamu mirip salah satu finalis Miss Indonesia loh... Kalau ga percaya liat aja sendiri... http://bit.ly/391C8NM Instagram Followers Instagram Followers-," ujar Dara saat dikonfirmasi MNC Media, Selasa (10/3/2020) pagi.

Entah dari mana awalnya, temannya mendapatkan link tersebut dan diteruskan ke Dara. Bahkan teman Dara itu juga kena hack hingga pagi ini belum bisa dipulihkan. "Saya bukalah link tersebut, kemudian masuk ke akun IG saya dan log in. Saya buka pakai pasword dan tak berapa lama langsung keluar sendiri dan di situlah mulai akun saya di kuasai si peretas," ujarnya lagi.

Ia melanjutkan, dari situlah peretas mulai beraksi dan melakukan DM ke sejumlah teman Dara di IG. Bahkan saking pintarnya pelaku untuk meyakinkan para korban, setelah di DM dan yakin bahwa itu memang Dara, pelaku langsung meminta no Whatsapp korban untuk berkomunikasi lanjutan.

"Habis DM dan dapat korban, pelaku langsung meminta no WA korban dan kemudian men-chat dengan nomor 082170487534 dan foto profilnya menggunakan foto Dara. Itu yang membuat korban yakin itu Dara," sebutnya.

Menurut Dara, baru satu korban yang sudah mentransfer uang dengan jumlah Rp1,3 juta. Pelaku meminta korban mentransfer dana dan akan dikembalikan secepatnya ke nomor rekening BNI atas nama Amit Narkim 0418797425.

"Sejauh ini baru satu teman saya yang sudah kena tipu dan menstransfer. Dengan susah payah dibantu teman akhirnya akun IG saya sudah bisa saya ambil lagi pada Senin malam sekira pukul 23.00 WIB," terangnya.

Ia menambahkan rencananya hari ini dirinya akan menyambangi Bank BNI Pangkalan Bun untuk melaporkan nomor rekening penipu tersebut. “Dan saya juga akan melapor ke Polres Kobar dengan membawa sejumlah bukti screen shoot penipu,” pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4483 seconds (0.1#10.140)