Ulama Kharismatik Ini Doakan Proyek Geotermal Berikan Kemakmuran bagi Banten

Rabu, 04 Maret 2020 - 23:28 WIB
Ulama Kharismatik Ini Doakan Proyek Geotermal Berikan Kemakmuran bagi Banten
Ulama Kharismatik Ini Doakan Proyek Geotermal Berikan Kemakmuran bagi Banten
A A A
SERANG - Tokoh masyarakat dan ulama di Banten menggelar istighasah keselamatan bumi Banten untuk Indonesia di Alun-alun Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (4/3/2020). Istighasah digelar untuk kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat Banten dengan adanya proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB).

Ulama kharismatik Banten Abuya Muhtadi Dimyati langsung memimpin acara istighasah dan doa bersama yang digelar untuk memohon keselamatan bagi bumi dan masyarakat di Padarincang, Kabupaten Serang.

Usai istighasah dan doa bersama, Abuya Muhtadi Dimyati langsung melihat akses jalan menuju proyek geothermal atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) di Desa Batukuwung, Kecamatan Padarincang.

Abuya Muhtadi Dimyati juga melakukan pembukaan secara simbolis akses jalan yang sebelumnya ditutup sebagian warga setempat. Abuya Muhtadi berpesan agar akses jalan tersebut dibuka guna memberikan kemakmuran bagi masyarakat sekitar dan Banten. "Ini doa keselamatan untuk semua keselamatan masyarakat Banten khususnya, Indonesia pada umumnya," kata Abuya Muhtadi Dimyati ditemui di lokasi.

Kehadiran Abuya Muhtadi dalam kegiatan tersebut untuk mendoakan keselamatan dan kemaslahatan masyarakat Padarincang khususnya dan banten pada umumnya dengan kehadiran proyek tersebut.

Untuk diketahui, potensi panas bumi di Banten tersebar ke beberapa titik di wilayah Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Daerahnya mencakup wilayah seluas 104.200 hektar berlokasi di sebagian daerah pegunungan seperti Gunung Gede Kabupaten Serang (tidak termasuk daerah Cagar Alam Rawa Danau dan Tukung Gede) serta sebagian wilayah Kabupaten Pandeglang termasuk Gunung Karang, Gunung Pulosari dan Gunung Aseupan.

Daerah pegunungan dan perbukitan berada pada ketinggian sekitar 400 – 1778 meter di atas rata-rata muka air laut.

Gunung Pulosari (Kabupaten Pandeglang) telah ditetapkan dalam satu Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Panas Bumi yaitu WKP Kaldera Danau Banten melalui SK.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 0026/K/30/MEM/2009 tanggal 15 Januari 2009 tentang Penetapan Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Panas Bumi di Daerah Kaldera Danau Banten, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten, dengan potensi berdasarkan tingkat penyelidikan rinci sebesar 115 Mwe (Megawatt Electric).
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8708 seconds (0.1#10.140)