Cegah Virus Corona, Empon-empon Jadi Komoditas Favorit Warga Surabaya

Rabu, 04 Maret 2020 - 15:03 WIB
Cegah Virus Corona, Empon-empon Jadi Komoditas Favorit Warga Surabaya
Cegah Virus Corona, Empon-empon Jadi Komoditas Favorit Warga Surabaya
A A A
SURABAYA - Sejak tiga hari terkahir empon-empon seperti kunyit, sirih, jahe, dan temulawak menjadi komoditas favorit yang paling dicari warga Surabaya di Pasar Wonokromo.

Fitri Nur Aini, salah seorang pedagang Pasar Wonokromo, mengaku sejak tiga hari lalu banyak warga berburu empon-empon di lapaknya.

Penjualan bahan obat-obatan tradisional itu, naik hingga tiga kali lipat. "Omzetnya Alhamdulillah," kata Fitri sambil menimbang temulawak di lapaknya, Rabu (04/3/2020).

Di sisi lain, komoditas tersebut susah didapatkan dari tengkulak. Hal itu dikatakan oleh Sukiman, pedagang empon-empon yang sudah puluhan tahun berlangganan pada salah satu tengkulak di Pasar Keputran Surabaya.

"Biasannya di Pasar Keputran ditumpuk-tumpuk dan berlimpah, sekarang susah. Semalam habis Maghrib ke sana gak dapet," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Guru Besar Universitas Airlangga Prof Mangestuti Agil yang fokus terhadap kajian obat-obatan tradisional menuturkan, satu hal penting untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah tradisional atau yang bisa disebut empon-empon.

Karena sebaran virus Corona sudah masuk ke Indonesia, maka tak ada salahnya masyarakat kembali mengkonsumsi empon-empon. Sebab sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai virus.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1883 seconds (0.1#10.140)