Penerbangan Umrah di Bandara Adi Soemarmo Besok Dibatalkan

Jum'at, 28 Februari 2020 - 16:48 WIB
Penerbangan Umrah di Bandara Adi Soemarmo Besok Dibatalkan
Penerbangan Umrah di Bandara Adi Soemarmo Besok Dibatalkan
A A A
SOLO - Penerbangan umrah melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo akhirnya terdampak akibat kebijakan pemerintah Arab Saudi menunda visa kunjungan Umrah. Penerbangan umroh yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (29/2/2020) besok, akhirnya dibatalkan.

Humas Bandara Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi dari Lion Air bahwa besok tidak ada penerbangan pemberangkatan jamaah umrah.

“Untuk penerbangan jamaah umrah selanjutnya tidak dioperasionalkan sampai waktu yang belum ditentukan,” kata Danar Dewi, Jumat (28/2/2020).

Dari keterangan Lion Air, sebelumnya biro umrah telah membatalkan keberangkatan jamaah umrah. Sehari sebelumnya, jadwal penerbangan umrah melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo belum terdampak menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi menunda visa kunjungan Umrah.

Penerbangan langsung Solo–Madinah yang dijadwalkan Sabtu (29/2/2020), pada Kamis (27/2/2020) kemarin belum ada perubahan.

Ketua Persaudaraan Pengusaha Umrah dan Haji (Perpuhi) Her Suprabu, mengaku telah menerima informasi terkait pembatalan penerbangan umroh di Bandara Adi Soemarmo Solo.

Semula terdapat sekitar 400 calon jamaah umroh yang dijadwalkan diberangkatkan ke tanah suci. “Sementara setiap minggu, calon jamaah umrah yang diberangkatkan dari Bandara Adi Soemarmo Solo sekitar 2.000 orang,” kata Her Suprabu.

Kebijakan pemerintah Arab Saudi terkait penghentian umrah sebagai antisipasi penyebaran virus Corona, diakui membuat para calon jamaah umrah galau.

Sebab hal itu menyangkut cuti yang diajukan di tempat kerjanya. Pihaknya juga belum bisa memberikan penjelasan, mengingat sampai kini juga belum ada kejelasan mengenai sampai kapan penundaan akan berlangsung.

Semuanya tentu masih menunggu kebijakan dari Arab Saudi. Kekhawatiran lainnya adalah menyangkut biaya umrah apakah hangus atau tidak. Para calon jamaah tidak perlu khawatir karena tidak hangus.

Biro umrah dapat menjadwal ulang penerbangan dan hotel. Jika hangus tentu kerugian yang diderita mencapai miliaran mengingat satu pemberangkatan saja kerugiannya sekitar Rp1,5 miliar. Pihaknya kini terus berupaya menjelaskan kepada jamaah agar tetap tenang.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)