Bikin Puluhan Akun Palsu, Pria Asal Malang Ini Rugikan Gojek Rp400 Juta

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:39 WIB
Bikin Puluhan Akun Palsu, Pria Asal Malang Ini Rugikan Gojek Rp400 Juta
Bikin Puluhan Akun Palsu, Pria Asal Malang Ini Rugikan Gojek Rp400 Juta
A A A
SURABAYA - Polda Jatim mengamankan MF (35), warga Kota Malang, karena diduga melakukan order fiktif melalui salah satu aplikasi transportasi online. Dalam melakukan aksinya, MF menggunakan 40-an unit handphone dengan lebih dari 8.850 kartu seluler.

Mulanya, polisi bergerak setelah menerima informasi bahwa MF seorang bandar judi online. Setelah digerebek dan digeledah di rumahnya di Kota Malang, ternyata yang bersangkutan diketahui sebagai pelaku order fiktif.

MF melakukan aksinya sejak Agustus 2019 hingga kemudian ditangkap Tim Resmob Jogoboyo Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim pada Februari 2020. "MF berpura-pura menjadi mitra Gojek dengan membuat 41 akun driver Gojek," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, Rabu (26/2/2020).

Dari keterangan dihadapan penyidik, tersangka juga membuat 31 akun restoran dan puluhan akun customer. Akun-akun palsu itu dibuat tersangka dengan menggunakan data pribadi orang lain. Dengan akun-akun palsu itu, tersangka melakukan transaksi palsu. Transaksi yang digunakan biasanya GoFood dan GoBiz. "Tersangka memperoleh keuntungan dari poin yang diberikan Gojek berdasarkan jumlah transaksi tertentu. Hal itu merugikan Gojek," tandas Luki.

Sementara itu, Regional Head Corporate Affais Gojek Wilayah Jatim & Bali Nusra Alfianto Domy Aji mengatakan, akibat perbuatan tersangka, pihaknya mengalami kerugian hingga Rp400 juta. Pihaknya mengapresiasi Polda Jatim yang dengan cepat mengungkap kasus itu. "Perbuatan tersangka ini merugikan kepada mitra-mitra kami yang bekerja secara baik," ujarnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)