Baznas Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kurang Mampu

Selasa, 25 Februari 2020 - 10:43 WIB
Baznas Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kurang Mampu
Baznas Penuhi Kebutuhan Masyarakat Kurang Mampu
A A A
GORONTALO - Sebanyak 650 sembako hak ashnaf fuqara, disalurkan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Gorontalo, di tahun 2020. Diawali dengan penyaluran 450 paket sembako, dalam rangka hari Ibu, kemudian sebanyak 200 paket sembako diserahkan langsung Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, di Gedung Bandayo Lo Yiladia, Senin (24/2/2020).

"Program ini sudah menjadi unggulan Pemerintah Kota Gorontalo, melalui Baznas Kota Gorontalo. Bahkan program, menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota Gorontalo, dalam menekan angka kemiskinan di daerah. Yaitu dengan memenuhi kebutuhan dasar mereka, melalui penyaluran sembako. Kami berharap, sembako atau bantuan ini, dapat mengurangi beban penerima manfaat," ujar Ketua Baznas Kota Gorontalo Marzuki Pakaya.

Penyaluran sembako ini kata Marzuki, sudah sesuai sasaran. Karena mereka penerima manfaat, terlebih dahulu dilakukan pendataan oleh petugas Baznas Kota Gorontalo yang berkoordinasi dengan aparat kelurahan. Sehingga, penerima manfaat dari program ashnaf fuqara ini, benar-benar mereka yang kurang mampu. "Pastinya, penerima mafaat ini belum pernah menerima bantuan apapu dari Baznas Kota Gorontalo, kemudian masuk dalam basis data terpadu (BDT), berdomisili di Kota Gorontalo," terang Marzuki.

Tidak hanya program ashnaf fuqara saja tetapi Baznas Kota Gorontalo juga menggalakkan program Ruhyanisa, atau program bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu. Syarat bagi masyarakat untuk mendapatkan bantuan tersebut, selain masuk dapat BDT, juga memiliki lahan dan benar-benar masyarakat kurang mampu dan berdomisili di Kota Gorontalo.

"Di tahun 2019 kemarin, kami sukses menjalankan program Ruhyanisa ini, salah satunya dilaksanakan di Kelurahan Wumialo. Dimana seorang masyarakat ini belum memiliki tempat tinggal, dan masuk dalam basis data terpadu sebagai warga kurang mampu. Masyarakat yang menerima manfaat dari program bedah rumah ini, merupakan warga yang hanya mengungsi di lahan masjid, yang diberikan oleh takmirul masjid untuk tinggal dilahan kosong tersebut," tutup Marzuki.

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha sendiri, mengapresiasi program yang selama ini dijalankan oleh Baznas Kota Gorontalo. Ia jelaskan, ini bagian dari wujud dan upaya Pemerintah Kota Gorontalo untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Dirinya berharap, masyarakat Kota Gorontalo dapat mendukung dan menykseskan program kegiatan yang terus dijalankan oleh Pemerintah Kota Gorontalo dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

"Partisipasi dan dukung dari semua elemen masyarakat, tentu sangat kami harapkan dalam rangka menyukseskan program kegiatan yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Gorontal, seperti di Baznas Kota Gorontalo. Karena program yang kami jalankan ini, semata-mata untuk kesjahteraan masyarakat Kota Gorontalo," tutup Marten.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6338 seconds (0.1#10.140)