GKR Mangkubumi Minta Pembina Pramuka Pahami Risiko Kegiatan

Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:38 WIB
GKR Mangkubumi Minta Pembina Pramuka Pahami Risiko Kegiatan
GKR Mangkubumi Minta Pembina Pramuka Pahami Risiko Kegiatan
A A A
YOGYAKARTA - Kasus hanyutnya para siswa SMPN 1 Turi Sleman dalam kegiatan Pramuka dengan susur sungai mendapatkan tanggapan Kwartir Daerah XII Gerakan Pramuka DIY. Selain ucapan belasungkawa, kasus tersebut juga hendaknya menjadi evaluasi bagi pembina Pramuka untuk mengetahui risiko kegiatan di lapangan.

Ketua Kawarda XII DIY , GKR Mangkubumi menyampaikan rasa belasungkawa atas meninggalnya beberapa siswa yang yang hingga pagi ini mencapai tujuh siswa. Sejak tadi malam, Pramuka Peduli sudah turun mengikuti dan membantu pencarian siswa.

"Kami mengimbau para pembina untuk lebih berhati-hati dan mengetahui risiko setiap kegiatan yang dipilih dan dilakukan," terangnya saat dikonfirmasi SINDOnews Sabtu (22/2/2020). (Baca: Polres Sleman Dirikan 2 Posko Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi)

Pihaknya juga meminta para pelatih dan pembina Pramuka untuk terus menyampaikan pesan kepada para pendamping siswa untuk lebih hati-hati dan waspada. Hal ini terutama menyikapi cuaca yang terjadi seperti saat ini.

"Tentunya dari semua itu perlunya para pembina untuk mengerti dan mengikuti pelatihan tentang kebencanaan," ujarnya. Pihaknya juga masih menunggu informasi detail mengenai kronologis susur sungai dalam kegiatan pramuka di sungai Sempor, Donokerto, Turi Sleman.

Sementara data dari Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD DIY menyebutkan hingga pukul 04.20 Wiab tadi pagi diperoleh informasi dari 249 siswa yang mengikuti kegiatan, dilaporkan 7 siswa meninggal dunia, 23 siswa mengalami luka ringan dan tiga siswa belum ditemukan.

Tujuh siswa yang meninggal atas nama Sovie Aulia, (13) kelas 8C, Arisma Rahmawati,(13) kelas 7D, Nur Azizah, (15) Kelas 8A, Lathifa Zulfaa, (15) kelas 8B, Khoirunnisa Nurcahyani Sukmaningdyah, (14) kelas 7C, Evieta Putri Larasati, (13) kelas 7A, Faneza Dida (13) Kelas 7 A.

Sedangkan siswa yang masih dalam pencarian diantaranya Yasinta Bunga (13) kelas 7B, Zahra Imelda, (12) Kelas 7 D, Nadine Fadilah (12) kelas 7 D. suharjono
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5668 seconds (0.1#10.140)