Gempa 4,9 SR Guncang Lebak, Tak Berpotensi Tsunami

Senin, 17 Februari 2020 - 20:15 WIB
Gempa 4,9 SR Guncang Lebak, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa 4,9 SR Guncang Lebak, Tak Berpotensi Tsunami
A A A
SERANG - Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) guncang wilayah Kabupaten Lebak Banten. Gempa yang terasa hingga Pandeglang itu tak berpotensi tsunami. Gempa terjadi pukul 19.11.46 WIB, wilayah Lebak, Banten dengan episenter terletak pada koordinat 7,36 LS dan 106,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 91 km Barat Daya Lebak, Banten pada kedalaman 10 km. (Baca: Gempa Bumi 6,0 SR Guncang Bali, Gapura Nusa Dua Patah)

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)