Pusdokkes Polri Gelar Pengobatan Gratis di Polda Jateng

Kamis, 13 Februari 2020 - 21:23 WIB
Pusdokkes Polri Gelar Pengobatan Gratis di Polda Jateng
Pusdokkes Polri Gelar Pengobatan Gratis di Polda Jateng
A A A
SEMARANG - Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Mabes Polri menggelar bakti kesehatan di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Pengobatan gratis mulai dari operasi bibir sumbing sampai khitanan missal digelar di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jateng, mulai Kamis (13/2/2020) hingga Minggu (16/2/2020).

Kabagopsnalmed Pusdokkes Polri Kombes Budi Heryadi mengatakan, puncak kegiatan ini akan digelar berbarengan dengan kegiatan bakti sosial yang dihadiri Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto yang mewakili Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Nanti puncaknya Sabtu. Mulai hari ini dilaksanakan operasi bibir sumbing, operasi katarak sampai Minggu. Sabtu ada pengobatan gratis berupa pengobatan umum, pengobatan gigi, pemeriksaan laboraturium gratis, penyuluhan gigi dan khitanan masal," kata Kombes Budi.

Budi mengatakan Pusdokkes Polri mengirimkan 4 dokter, terdiri dari dokter umum dan dokter spesialis. Selebihnya, Dokkes Polda Jateng diperbantukan dalam acara tersebut.

Pengobatan umum ini diharapkan bisa diikuti 2.500 – 3.000 masyarakat. Sementara khitanan massal ditargetkan 50 orang. Jumlah ini bisa saja bertambah dan Pusdokkes Polri siap melayani.

"Pengobatan umum targetnya 2.500-3.000 orang karena dari Kabaharkam nanti menyiapkan 3.000 paket Baksos, sembako. Kemudian untuk khitanan targetnya 50, kalau sampai 100 dilayani tetap. Lalu operasi katarak target 36 orang tapi sudah 76 orang sampai hari ini, operasi bibir sumbing 14 orang yang daftar kalau lebih kita kerjakan. Jadi kita habiskan semua. Jumlahnya masih bisa berubah," ujarnya.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar FS mengatakan, bakti sosial Polri kali digelar di Jawa Tengah. "Kegiatan bakti sosial ini dari Polri pada masyarakat. Artinya inilah bakti Polri kepada masyarakat, untuk peduli bagaimana kesulitan-kesulitan masyarakat di daerah," katanya.

Kepala Bidang Dokter Kesehatan Polda Jateng, Kombespol Tri Y P, menambahkan, bakti sosial juga menjadi sarana Polri mendekatkan diri kepada masyarakat. Semua kegiatan ini bersifat gratis.

“Mendaftar bisa lewat media sosial, telepon, dan datang langsung. Di sini nanti kita screening. Kalau sudah saatnya operasi kita operasi, kalau belum kita obati terlebih dahulu," tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4016 seconds (0.1#10.140)