Bupati Suradnyana Dukung Pengelolaan Danau Buyan oleh Warga Pancasari

Senin, 03 Februari 2020 - 18:07 WIB
Bupati Suradnyana Dukung Pengelolaan Danau Buyan oleh Warga Pancasari
Bupati Suradnyana Dukung Pengelolaan Danau Buyan oleh Warga Pancasari
A A A
SINGARAJA - Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, mendukung penuh rencana pengelolaan Danau Buyan oleh warga Desa Pancasari secara mandiri. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan pemberdayaan masyarakat di wilayah Danau Buyan dengan memberikan ruang untuk menikmati danau tanpa mengorbankan lingkungan.

Hal itu dikatakan Bupati Suradnyana, saat melaksanakan pertemuan dengan para tokoh masyarakat Desa Pancasari, didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Buleleng dapil Sukasada, I Wayan Indrawan di ruang rapat lobi Kantor Bupati Buleleng, Senin (3/2/2020).

Kabupaten Buleleng memiliki cara yang berbeda dengan daerah lainnya dalam upaya perkembangan daerah. Pelestarian lingkungan menjadi prioritas dalam mengembangkan segala potensi yang ada di Buleleng, salah satunya potensi wisata.

Penataan lingkungan akan menjadi magnet untuk meningkatkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Buleleng. Penggarapan detail rencana tata ruang di kawasan danau buyan bukan dengan tujuan peruntukannya saja, tetapi juga untuk memberikan ruang pada sisi perbaikan lingkungan. “Saya ingin masyarakat Pancasari juga bisa menikmati kawasan danau buyan ini secara utuh,” ujar Bupati Suradnyana.

Lebih lanjut, Bupati Suradnyana menambahkan warga desa Pancasari agar mampu menciptakan kebersamaan dengan mengatur distribusi yang baik dalam pengelolaan Danau Buyan. Penataan danau buyan ini memiliki tujuan yang sangat mulia, yakni mengutamakan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Ia juga meminta kepada aparat desa untuk tidak lagi memberikan izin kavling di daerah koservasi. Hal itu ditegaskan karena sangat memengaruhi ketersediaan sumber air pada wilayah-wilayah yang berada di hilir. “Saya dukung sepenuhnya rencana pengelolaan yang akan dilakukan oleh warga setempat, dengan catatan tetap menjaga persatuan dan kesatuan antar warga,” tambahnya.

Sementara itu, ditemui usai pertemuan, Perbekel Desa Pancasari yang juga selaku pimpinan rombongan, didampingi oleh Camat Sukasada I Made Dwi Adnyana, S.STP mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Bupati Buleleng atas perhatiannya terhadap lingkungan di kawasan Desa Pancasari, khususnya pada penataan Danau Buyan.

Warga Desa Pancasari juga sangat antusias dalam mendukung rencana pembangunan tersebut. Setelah adanya dukungan dari Bupati Buleleng terkait dengan partisipasi warga dalam pengelolaan Danau Buyan secara mandiri dinilai turut menjadi penunjang kemajuan Desa Pancasari. “Kami sangat setuju, dan tentu akan berupaya untuk terus menjaga lingkungan di kawasan desa kami demi perkembangan potensi di Buleleng,” pungkasnya. (rma)
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6402 seconds (0.1#10.140)