Gus Sholah Wafat, Pesantren Tebuireng Jombang Siapkan Pemakaman

Senin, 03 Februari 2020 - 05:37 WIB
Gus Sholah Wafat, Pesantren Tebuireng Jombang Siapkan Pemakaman
Gus Sholah Wafat, Pesantren Tebuireng Jombang Siapkan Pemakaman
A A A
JOMBANG - Suasana duka menyelimuti Pondok Pesantren Tebuireng, di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah wafat, pada Minggu (2/2/2020).

Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang ini menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 20.55 WIB. Setelah sebelumnya, ia sempat menjalani perawatan medis di RS Harapan Kita, Jakarta. (Baca juga: Gus Sholah Tutup Usia, Gubernur Khofifah Sampaikan Belasungkawa Mendalam )

Informasi yang dihimpun, cucu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari itu rencananya akan dikebumikan di Tebuireng, Jombang. Lokasinya berada di Kompleks Pemakaman Keluarga Pesantren Tebuireng.

"Beliau merupakan pengasuh sekaligus anggota keluarga ndalem. Jadi beliau akan dimakamkan di sini (kompleks pemakaman keluarga Pesantren Tebuireng)," ujar Kepala Pesatren Tebuireng, Iskandar, Minggu (2/2/2020).

Saat ini, berbagai persiapan sudah dilakukan di Pesantren Tebuireng. Nampak, beberapa santri juga sudah membersihkan lokasi Kompleks Pemakam Keluarga Pesantren Tebuireng.

Namun demikian, Iskandar mengaku belum mengetahui secara pasti dimana titik liang lahat jenazah Gus Sholah akan dikebumikan. Saat ini, pihak keluarga besar Pesantren Tebuireng, masih menggelar pertemuan di Ndalem Kasepuhan.

"Lokasi persisnya masih menunggu rapat keluarga. Habis ini mau dirapatkan," tutur Iskandar.

Hingga kini, Iskandar juga mengaku belum mengetahui pukul berapa Gus Sholah akan dimakamkam. Hanya saja, informasi awal yang didapat pihaknya, prosesi pemakaman adik kandung Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid itu akan dilakukan sekira pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, pantauan SINDOnews di Pesantren Tebuireng, ratusan santri mulai memadati masjid di lokasi pesantren. Mereka bersama-sama melantunkan ayat suci Alquran untuk almarhum Gus Sholah. (Baca juga: Gus Sholah Wafat )

Sedangkan beberapa orang santri tampak mulai membersihkan area sekitar Kompleks Pemakaman Keluarga Pesantren Tebuireng. Kabar yang beredar, liang lahat Gus Sholah berada di sebelah barat makam ayahnya, KH Wahid Hasyim.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4098 seconds (0.1#10.140)