Fenomena Sinkhole Terus Terjadi di Gunungkidul Yogyakarta, BPBD Imbau Hati-hati

Selasa, 07 Januari 2020 - 19:04 WIB
Fenomena Sinkhole Terus Terjadi di Gunungkidul Yogyakarta, BPBD Imbau Hati-hati
Fenomena Sinkhole Terus Terjadi di Gunungkidul Yogyakarta, BPBD Imbau Hati-hati
A A A
GUNUNGKIDUL - Fenomena sinkhole atau tanah ambles terus terjadi di Desa Karangawen, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sebelumnya fenomena tersebut terjadi Dusun Tlaseh, Desa Karangawen.

Salah satu lahan pertanian milik warga mengalami ambles dengan diameter sekitar 4 meter dan kedalaman lima hingga enam meter. "Kejadian sejak Minggu (5/1/2020) lalu usai hujan deras semalam, kemudian terjadi tanah ambles," ungkap Kepala Dusun Tlaseh Tariyo kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).

Dia menjelaskan, kasus tanah ambles ini bukan pertama kalinya di Dusun Tlaseh. Pada tahun 2017 lalu, tanah ambles juga terjadi meskipun diameter lebih kecil.

"Biasanya setelah hujan deras dalam waktu yang lama. Kami sudah ingatkan warga memberikan tanda dan menutup dengan tanah atau bebatuan agar tidak membahayakan warga," katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, dengan curah hujan yang tinggi besar kemungkinan sinkhole bermunculan. "Sebab itu karakteristik kawasan karst, "jelas Edy Basuki.

Untuk itu, warga di sekitar lembah perbukitan hendak berhati-hati karena memang belum bisa diketahui apakah ada rongga atau tidak di dalam tanah.

"Dari penelitian memang banyak tanah berongga di Gunungkidul, jika terjadi hujan deras besar kemungkinan tanah bergerak turun dan mengisi rongga. Kedalaman rongga juga bervariasi. Karena bisa jadi satu jalur dengan sinkhole lainnya. Artinya, di bawah ada jalur rongga. Karena memang di Gunungkidul juga banyak ditemukan aliran sungai bawah tanah, ini bukti kalau bawah tanah Gunungkidul berongga, "pungkasnya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4963 seconds (0.1#10.140)