Sulut Waspadai Sirkulasi ‘Eddy’ di Teluk Tomini dan Laut Banda

Jum'at, 03 Januari 2020 - 15:43 WIB
Sulut Waspadai Sirkulasi ‘Eddy’ di Teluk Tomini dan Laut Banda
Sulut Waspadai Sirkulasi ‘Eddy’ di Teluk Tomini dan Laut Banda
A A A
MANADO - Banjir bandang yang menerjang Kampung Lebo, Sesiwung di Kecamatan Manganitu, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (3/1/2020) patut terus diwaspadai warga Sulawesi Utara. Selain banjir bandang, meluapnya air di beberapa ruas jalan di Kota Manado juga perlu diwaspadai.

Forecaster BMKG Sulut M. Nur Hadi mengingatkan agar masyarakat Sulut mewaspadai cuaca yang tak bersahabat pada tanggal 03-05 Januari 2020.

Hal ini kata Nur karena adanya sirkulasi ‘Eddy’ di Teluk Tomini dan Laut Banda yang menyebabkan terjadinya konvergensi (penumpukan angin) di Laut Sulawesi dan shearline (belokan angin) di wilayah Sulawesi Utara. "Sehingga berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulawesi Utara," jelasnya, Jumat (3/1/2020).

Dikatakan, tanggal 03 Januari 2020 hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Manado, Tomohon, Bolmong Utara, Bolmong Selatan, Minahasa, dan Minahasa Utara.

Kemudian 04 Januari 2020 hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Kotamobagu, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Dan Bolmong Timur. "Nanti tanggal 05 Januari 2020 hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kotamobagu, Minahasa Selatan, Bolmong Selatan, dan Bolmong," ungkapnya.

Sementara itu, sebelumnya air di beberapa ruas jalan di Kota Manado sempat meluap akibat sejumlah saluran air tersumbat sampah. Saat hujan mengguyur Kota Manado luberan air yang meluap ke jalan raya terlihat di sepanjang jalan depan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Tikala, Depan Sekolah Don Bosco, Kampung Ternate, Tanjung Batu, Depan IT Center atau Megamal dan beberapa lokasi lainnya seperti di Perum Welong Malendeng dan tempat lain.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6840 seconds (0.1#10.140)