Wisatawan Keracunan Makanan dari Jakarta saat Liburan di Pangandaran

Selasa, 31 Desember 2019 - 13:47 WIB
Wisatawan Keracunan Makanan dari Jakarta saat Liburan di Pangandaran
Wisatawan Keracunan Makanan dari Jakarta saat Liburan di Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - Wisatawan lokal yang sedang berlibur di Pangandaran mengalami keracunan massal setelah mengkonsumsi makanan dari Jakarta. Lilis (45) warga Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, yang mengalami keracunan mengatakan dia dan rombongan datang ke Pangandaran menggunakan bus."Ada 40 orang dalam bus, semuanya keracunan, namun 6 orang harus mendapat penanganan medis di Puskesmas Pangandaran," ujar Lilis, (31/12/2019).
Dia menambahkan, rombongan berangkat dari Jakarta pada Senin (30/12/2019) sekitar pukul 05.00 WIB, sampai di Pangandaran sekitar pukul 16.00 WIB. "Sekitar pukul 17.00 WIB rombongan makan bersama, makanan yang kami makan bukan dibeli di Pangandaran tetapi di ambil dari Jakarta," kata Lilis.

Sekitat pukul 19.00 WIB rombongan mengalami pusing kepala hingga muntah dan buang air besar. Lilis menjelaskan makanan yang dikonsumsi rombongan adalah nasi bungkus ditimbel, telor ayam balado, tumis tempe, jengkol, cumi oseng cabe dan ayam goreng.

"Seketika setelah selesai makan seluruh rombongan mengalami, mual, pusing bahkan hingga buang air besar," paparnya.

Enam wisatawan yang harus dirawat di puskesmas adalah Asep (49), Lia (45), Rizky (16), Tasya (17), Lilis (45), Irma (28). Salah seorang petugas kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yuyu mengatakan, dari 6 orang wisatawan yang dirawat, 2 orang sudah dipulangkan dan 4 orang masih dirawat menunggu hingga kondisinya pulih. "Dari ke 6 orang yang dirawat, ada salah satu wanita yang dalam kondisi hamil," kata Yuyu.

Yuyu menambahkan, pihak Puksesmas Pangandaran belum mengetahui penyebab dari keracunan masal tersebut. "Kemungkinan besar keracunan akibat dari makanan yang dikonsumsi, karena terlalu lama disimpan," terang Yuyu.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7239 seconds (0.1#10.140)