Tinggi Gelombang di Perairan Pekalongan Normal Selama Gerhana Matahari Cincin

Kamis, 26 Desember 2019 - 16:02 WIB
Tinggi Gelombang di Perairan Pekalongan Normal Selama Gerhana Matahari Cincin
Tinggi Gelombang di Perairan Pekalongan Normal Selama Gerhana Matahari Cincin
A A A
PEKALONGAN - Perairan di Kota Pekalongan tidak terdampak fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang terjadi, Kamis (26/12/2019). Tidak ditemukan tanda-tanda ada kenaikan pasang dan surut permukaan air laut di perairan Pekalongan.

"Saat ini di Kota Pekalongan tinggi gelombangnya berkisar dari 0,01 – 0,5 meter dengan kecepatan angin sampai dengan 12 knot. Ini untuk hari ini sampai besok, keadaan gelombang laut diprediksikan masih tenang sehingga masih aman untuk berlayar," tutur Analis Syahbandar Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNP) Kementerian Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Al Fajar Alam.

Kendati demikian pihak Syahbandar terus memantau aktivitas di laut dan update perkembangan dari BMKG. Syahbandar juga selalu memasang pengumuman terkait kondisi terkini di depan pos terpadu agar untuk menginformasikan keamanan berlayar.

"Keadaan gelombang dan angin di Laut Jawa ini masih tergolong tenang sehingga aman untuk penangkapan ikan. Di samping itu selaku petugas kami selalu mengimbau dan melakukan pengecekan kapal sebelum berangkat termasuk alat keselamatan, seperti life jacket dan lifebuoy yang harus disesuaikan dengan jumlah ABKnya," terang Fajar.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5467 seconds (0.1#10.140)