Sempat Berawan, Warga Berau Nikmati Gerhana Matahari Cincin Secara Penuh

Kamis, 26 Desember 2019 - 15:04 WIB
Sempat Berawan, Warga Berau Nikmati Gerhana Matahari Cincin Secara Penuh
Sempat Berawan, Warga Berau Nikmati Gerhana Matahari Cincin Secara Penuh
A A A
BERAU - Warga Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menikmati Gerhana Matahari cincin. Padahal sebelumnya, warga merasa was-was karena langit Berau sempat berawan.

Kehadiran Gerhana Matahari Cincin ini disambut antusias oleh warga. Di Masjid Agung Baitulhikmah, warga melaksanakan Salat Gerhana. Sementara sejumlah komunitas fotografi memanfaatkan momentum ini untuk mengabadikan gerhana Matahari Cincin.

"Tadi kita sempat khawatir karena jelang gerhana mulai, langit masih berawan. Namun begitu gerhana mulai, langit cerah dan kita bisa menikmati hingga puncaknya yakni gerhana Matahari Cincin," kata anggota Komunitas Isomoto Berau, Jefry Nicolsen, Kamis (26/12/2019).

Kota Tanjung Redeb yang merupakan Ibu Kota, Kabupaten Berau adalah salah satu daerah yang mendapat kesempatan melihat gerhana Matahari Cincin. Daerah sekitarnya hanya mendapatkan gerhana matahari sebagian.

Kota Samarinda misalnya, hanya mendapatkan gerhana matahari sebagian sekitar 87 persen. Kesempatan dilintasi gerhana matahari tak disia-siakan warga setempat. Di beberapa tempat terlihat warga bergerombol dengan alat seadanya menyaksikan gerhana matahari. "Saya belum pernah lihat gerhana matahari secara langsung, jadi ini kesempatan pertama dan tidak boleh dilewatkan," kata warga Berau, Indah Purnamasari.

Dari pantauan di lapangan, puncak gerhana matahari terjadi pukul 14.12 WITA. Matahari tak terlihat dan hanya menyisakan cincin di sekelilingnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0083 seconds (0.1#10.140)