Ini Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Solo yang Mempesona

Kamis, 26 Desember 2019 - 14:53 WIB
Ini Penampakan Gerhana...
Ini Penampakan Gerhana Matahari Cincin di Solo yang Mempesona
A A A
SOLO - Pengamatan gerhana matahari cincin digelar di observatorium Pondok Pesantren Assalam di Pabelan Kartasura sukoharjo, kamis (26/12/2019) siang. Gerhana mulai terlihat pukul 10.57 WIB.

AR Sugeng Riadi, Kepala Pusat Astronomi Pondok Pesantren Assalaam sukoharjo mengatakan, gerhana matahari cincin, jika dilihat dari Solo dan seluruh wilayah Indonesia selatan dan jawa merupakan gerhana matahari sebagian. Pada observatorium Assalam, pengamatan mulai dilakukan pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Pengamatan terbuka untuk umum. "Kontak awal matahari dan bulan bersentuhan, permukaan matahari tertutup oleh bulan dimulai pada pukul pukul 10.57 wib. dan pukul 11.00 wib mulai dapat dilihat dengan kacamata matahari," kata AR sugeng Riyadi di sela sela pengamatan kamis (26/12/2019).

Kondisinya semakin tebal atau permukaan matahari semakin menyempit. Puncak gerhana terjadi 12.50 wib dan berakhir pukul 14.30 wib. Kondisi cuaca di solo dan sekitarnya tidak 100 persen cerah. Namun justru membantu mengamati gerhana matahari.

Sebab tanpa bantuan filter matahari tentunya sangat berbahaya. Pada sisi lain, dalam pengamatan tidak terlalu panas atau gerah karena terik matahari. "Sehingga suasana tidak terlalu cerah tetapi juga tidak terlalu mendung tebal," urainya.

Pihaknya menggunakan satu teleskop digital dan manual ada 3 teleskop manual. Selain itu juga disediakan 70 kacamata matahari bagi pengunjung yang ingin menyaksikan proses terjadinya gerhana.

Proses pemotretan melalui teleskop juga mudah sekali karena matahari posisinya sangat mudah. Bahkan pemotretan dengan kacamata matahari yang ditempelkan dengan hp juga bisa dilakukan. Jika menggunakan kacamata matahari hasilnya kecil, namun jika dengan teleskop hasilnya lebih besar.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3956 seconds (0.1#10.140)